Rabu, 23 Jan 2019 12:41 WIB

Ruas CFD di Jaksel Tidak Panjang, Walikota Rasa Cukup

Rizki Pratama - detikOto
CFD Mampang (Foto: Noval/detikcom) CFD Mampang (Foto: Noval/detikcom)
Jakarta - Jalanan yang ditutup untuk Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) dinilai kurang panjang, karena maksimal hanya 1,1 km. Tapi Pemerintah Kota Jakarta Selatan merasa ruas CFD sudah cukup banyak.

Meskipun luas panjang area HBKB ini tidak terlalu panjang, Walikota Jakarta Selatan berharap hal ini bisa menjaga lingkungan yang bersih. "Jadi kita berharap selatan masih bisa mempertahankan lingkungan yang lumayan bersih dengan HBKB yang kita upayakan meskipun jaraknya tidak terlalu jauh sekali. Misalnya HBKB di Buncit Raya itu paling 2 km, ditambah HBKB kecamatan pasar minggu diteruskan ke sana ya hampir 3km," ujar Walikota Jakarta Selatan, Marullah Matali saat ditemui detikOto.



HBKB ini sudah diputuskan dan mulai dilakukan minggu lalu (20/1/2019) oleh Walikota Jakarta Selatan untuk diselenggarakan di 10 titik Kecamatan Kota Jakarta Selatan. "Kita juga sudah bikin keputusan walikota untuk HBKB di 10 kecamatan. Minggu yang lalu sudah mulai di Kebayoran Lama," ungkap Marullah.

Selain HBKB di 10 Kecamatan tersebut, Pemerintah Jakarta Selatan juga sudah menerapkan kegiatan serupa dengan mengusung nama Antasari Skysport. "Di selatan selain HBKB ada Antasari Sky Sport itu masuknya HBKB juga," tambah Marullah.



Berikut daftar jadwal dan ruas jalan yang digunakan berdasarkan keputusan Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan nomor 5 tahun 2019:

- Pasar minggu, minggu pertama, di jalan Warung Jati Barat (Pejaten Village-Simpang Mangga Besar) sepanjang 900 m
- Jagakarsa, minggu pertama, Jalan Lenteng Agung Timur RT 011 RW 008 Kelurahan Lenteng Agung sepanjang 1 km
- Cilandak, minggu pertama, Jalan Cipete Raya Kelurahan Cipete Selatan sepanjang 1,1 km
- Pancoran, minggu kedua, Jalan Kalibata Raya (U-Turn Kalibata - perlintasan kereta) sepanjang 900 m
- Setiabudi, minggu ketiga, Jalan Karet Pedurenan, Kelurahan Karet Kuningan, Sepanjang 1,1 km
- Kebayoran Lama, minggu keempat, Jalan Bungur, Kelurahan Kebayoran Lama Utara depan mal Gandaria City-Komplek Kostrad Kelurahan Kebayoran Lama Selatan dan arah sebaliknya sepanjang 1,1 km
- Kebayoran Baru, minggu keempat, Jalan Petogongan 1- Jalan Petogongan 2 sepanjang 800 m
- Pesanggrahan, minggu keempat, Jalan Kesehatan Raya- Jalan Taman Bintaro Barat Kelurahan Bintaro sepanjang 1 km
- Tebet, minggu keempat, Jalan Tebet Barat Dalam Raya, Kantor Camat Tebet-depan Puskesmas Kelurahan Tebet Barat sepanjang 1 km
- Mampang Prapatan, minggu keempat, Jalan Kemang Raya-jl Kemang Selatan XII sepanjang 1,1 km (rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com