Minggu, 20 Jan 2019 09:05 WIB

Ngeri! Separuh Korban Kecelakaan di Jakarta adalah Millenial

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi Kecelakaan. Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono Ilustrasi Kecelakaan. Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Jakarta - Angka kecelakaan di Jakarta masih terbilang tinggi. Bahkan disebutkan kecelakaan meningkat pada 2018. Yang mengejutkan lagi, kaum millenial banyak yang menjadi korban kecelakaan.

"Data kecelakaan (Dirlantas Polda Metro Jaya) dari tahun 2017 ke 2018 menunjukkan terjadi peningkatan kecelakaan sebesar 5 persen," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf, di sela-sela acara Road to Millenial Road Safety Festival, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/1/2019).

Meski tingkat kecelakaan naik, menurut Yusuf dari segi jumlah korban menurun. Tapi yang mengejutkan jumlah korban dari kalangan millenial naik. Kalangan millenial sendiri merupakan kelompok pengendara motor berusia antara 17-35 tahun.



"Jumlah korban keseluruhan menurun. Tapi yang millenialnya naik. Misalnya jumlah korban ada 100 orang di tahun 2017, tapi yang millenial 50. Tahun 2018, jumlah korbannya 90 orang tapi millenialnya 60. Jadi millenialnya naik terus," jelas Yusuf.

Sebagai langkah preventif, pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar acara Millennial Road Safety Festival yang digelar pada 20 Januari 2019 di Bunderan HI, Menteng, Jakarta Pusat.

"Kegiatan ini adalah wujud kepedulian kepolisian terhadap budaya keselamatan berlalu lintas. Khususnya untuk kalangan millenial, kami ingin mengajak mereka supaya tertib berlalu lintas," terang Yusuf.



Acara ini diisi berbagai agenda. Mulai dari dialog lintas millennial, khususnya pelajar dan mahasiswa, lomba road safety creative design, lomba mural milenial road safety, lomba jingle, parody, dan video pesan millennial road safety.

Tak hanya itu, ada juga fun rally, lomba fotografi keselamatan berlalu lintas, lomba blogger keselamatan berlalu lintas, dan road safety challenge.

Nantinya pada tanggal 2 Februari 2019 hingga 31 Maret 2019 mendatang, juga ada aktivitas touring lintas millennial, kontes duta millennial, kontes road safety dance, dan Road Safety Expo. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com