Jumat, 28 Des 2018 16:00 WIB

Kaleidoskop 2018

Berita Populer dan Menginspirasi Dunia Otomotif Tahun 2018

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Selama tahun 2018, ada berbagai peristiwa dunia otomotif yang terjadi di tanah air. Peristiwa ini menjadi bahan yang ramai diperbincangkan publik dan juga menjadi kontroversi. Tapi ada juga yang menginspirasi orang untuk melakukan hal yang serupa.

Mulai dari sepasang kakek nenek yang berkeliling dunia mengendarai mobil berpelat B yang begitu menginspirasi, Honda yang menarik kembali mobil populernya, tidak bayar pajak kendaraan jadi bodong sampai pengetesan mobil-mobil oleh tim Ototest detikOto.

Berikut daftar lengkap berita populer dan menginspirasi dunia otomotif sepanjang tahun 2018:

1. Kakek Nenek Keliling Eropa-Asia Naik mobil Pelat B

[Gambas:Video 20detik]


Teddy dan YanaTeddy dan Yana Foto: Instagram


Travelling ke Eropa atau negara Asia lainnya dengan pesawat terbang? Itu mah sudah biasa, mainstream orang bilang. Tapi bagaimana kalau naik mobil? Pasti menarik ya?

Hal ini yang dilakukan oleh pasangan kakek nenek dengan 3 anak dan 2 cucu, Yana Kusryanti Wicaksono dan Teddy. Perjalanan mereka selama di Eropa dan Asia bisa kita lihat di Instagram indoasiaeuro_bycar.

Mobil Fortuner buatan tahun 2011 itu berkeliling negara Eropa dengan menggunakan pelat Indonesia. Berangkat pada bulan Mei tahun 2017, Fortuner mulai menjelajah mulai dari benua Asia hingga Eropa. 8 Bulan berselang mobil sudah kembali ke Indonesia.

Total 28 negara mereka singgahi selama perjalanan dan uniknya, mobil tidak mengalami kendala yang berarti, bahkan saat harus melalui medan bersalju sekalipun.

Apa motivasi mereka berdua keliling Eropa naik mobil?

"Jadi yang pertama rasa keingintahuan, ingin tahu dunia tapi agak beda dengan yang biasa orang lakukan jadi kita ingin menyusuri perjalanan dari perbatasan-perbatasan, biasanya pakai perjalanan darat. Dunia kan luas, seperti apa sih tapi bukan dengan cara orang biasa naik pesawat, kita ke perbatasan, ke kota kecil contohnya di Siberia, di sana ada padang lumut tundra hijau seperti permadani biasa di lihat di YouTube, di sana kita bisa pegang," ujar Teddy.

"Kami juga ingin membantu pemerintah kita promosi pariwisata dan lain-lain dengan kita keliling ini mereka lihat brand Indonesia," tambahnya.


2. Rem Bermasalah Honda Recall Mobilio, Brio, Jazz, HR-V, dan BR-V

Di awal tahun Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan recall terhadap Honda Mobilio, Brio, Jazz, HR-V dan BR-V. Agen pemegang merek mobil Honda itu mengumumkan kampanye product update komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman. Adapun mobil yang di-recall itu adalah Honda Mobilio tahun produksi 2014-2017, Honda Brio tahun produksi 2014-2017, Honda Jazz tahun produksi 2014-2017, Honda HR-V tahun produksi 2014-2017 dan Honda BR-V tahun produksi 2015-2017.



Total ada 463.891 unit mobil-mobil di Indonesia harus ditarik. Disebutkan, Honda me-recall untuk memastikan standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi pada seluruh produknya.



Recall ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem rem. Proses pemeriksaan dan/atau penggantian komponen master cylinder dan master power pada sistem pengereman Honda Mobilio, Honda Brio, Honda Jazz, Honda HR-V dan Honda BR-V yang teridentifikasi dilakukan tanpa pengenaan biaya apa pun.

3. Fortuner Jadi Angkot di Papua

Fortuner jadi angkot di PapuaFortuner jadi angkot di Papua Foto: Mustiana Lestari/Detikcom


Mobil-mobil keluaran Toyota seperti Fortuner, Innova dan Hilux menjadi mobil angkot di Papua. Toyota awalnya tidak mengetahui soal ini. Mobil Toyota Fortuner itu lazim ditemui di pedalaman Paniai melalui trans jalan Nabire, Papua. Uniknya mobil SUV tersebut berpelat kuning. Dengan medan jalan yang berat, Fortuner dinilai mempunyai performa baik untuk jalan naik turun dan rusak.

"Pakai mobil enak. Ini mobil Fortuner keluaran 2018 saya cicil Rp 15 juta per bulan selama 3 tahun harga Rp 500-an juta," kata seorang sopir, Mardi (31)



Mardi mengakui memang taksi model mewah seperti ini unik apalagi mengantar penduduk pedalaman yang biasanya tak beralas kaki. Kendati demikian, mobil mewah ini kerap digunakan untuk pejabat juga, termasuk mengawal rombongan RI 1.

"Mobil ini pernah dipakai pengawal Jokowi. Lalu pihak Jokowi bingung kenapa pelatnya kuning semua lalu suruh diganti," ujarnya sambil tertawa.

Dia mengaku menerapkan tarif per kepala sebesar Rp 500 ribu. Namun untuk pemesanan khusus seperti carter harga bisa lebih.

"Harga untuk carter bisa sejuta per hari dalam kota saja. Kalau Nabire ke Paniai itu Rp 3 juta per hari," sambung dia.

Kendati begitu, di balik menikmati untung yang lumayan, ada sederet hal yang mengancam Mardi yang telah belasan tahun jadi sopir ini.

"Suka ada pemalangan dan rampok. Saya pernah dirampok dengan pistol di kepala dan parang di leher. Tapi itu anggap saja bala (musibah) kalau tidak kuat tidak bisa," jelas dia.



Bukan cuma itu, para sopir juga harus berhadapan dengan ancaman longsor sampai orang mabuk yang tiba-tiba datang. "Sepupu saya itu baru satu kali kena rampok tapi sudah minta pulang, ke kampung" jelas pria asal Palopo.

Perihal perampokan dan ancaman lainnya, Mardi tidak pernah menceritakan itu ke keluarganya. Ayah dua orang anak ini memilih menyebut sedang dapat bala jika sang istri menanyakan uang dia yang hilang.

Sebagai informasi, Nabire ke pegunungan Paniai memakan waktu sekitar 6 jam dengan beberapa jalan rusak dan longsor. Melewati sejumlah jembatan yang beberapa di antaranya masih dalam pembangunan.

4. Penghapusan biaya pengesahan STNK

Di bulan Maret ada kabar bagus buat pemilik kendaraan. Biaya pengesahan STNK tahunan telah dihapus. Penghapusan biaya pengesahan STNK tahunan itu menyusul setelah Mahkamah Agung (MA) mencabut sebagian Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 yang menaikkan tarif STNK dan BPKB.



Tadinya untuk pengesahan STNK roda dua atau roda tiga dikenakan tarif Rp 25.000 per pengesahan per tahun. Sementara untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih sebelumnya dikenakan tarif Rp 50.000 per pengesahan per tahun. Kini, biaya pengesahan STNK seperti dalam lampiran tersebut dihapus.

5. Motor Hybrid Pertama Indonesia

[Gambas:Video 20detik]


PCX HybridPCX Hybrid Foto: Rangga Rahadiansyah

Untuk pertama kalinya, ada motor bertenaga hybrid di Indonesia. Motor itu adalah PCX hybrid. Motor seharga Rp 40 jutaan itu memiliki teknologi yang digunakan untuk mendapatkan tenaga assist dari baterai lithium-ion yang dalam mesin 150cc.

Alhasil teknologi yang bekerja saat tuas gas diputar dengan spontan mampu hasilkan akselerasi yang lebih responsif dibandingkan dengan tipe PCX standar. Meski lebih responsif, teknologi ini juga mampu menghemat lebih dari 2,2 persen penggunaan bahan bakar berdasarkan tes EURO 3metode ECE R40 (tes AHM).

Berita Populer dan Menginspirasi Dunia Otomotif Tahun 2018Foto: Mindra Purnomo


6. Bos Nissan Ditangkap di Jepang

[Gambas:Video 20detik]

Carlos GhosnCarlos Ghosn Foto: Reuters/Regis Duvignau/File Photo


Kabar mengejutkan datang dari Nissan di bulan November. Bos produsen mobil Jepang itu Chairman Carlos Ghosn ditangkap oleh aparat Jepang pada 19 November. Ghosn ditangkap setelah adanya penyelidikan internal Nissan soal kelakuan Ghosn selama bertahun-tahun dan eksekutif lainnya.

Ghosn dituding melakukan tindakan pelanggaran yang signifikan, termasuk kurang melaporkan pembayaran paket kompensasi dan penggunaan aset perusahaan untuk pribadi. Nissan mengatakan mereka sudah menyelidiki Carlos Ghosn dan anggota dewan lainnya selama berbulan-bulan setelah adanya laporan dari whistleblower.



Nissan mengatakan Ghosn (64) bersama anggota dewan lainnya Greg Kelly mencurangi laporan kompensasi yang diterima Ghosn. "Kecurangan lainnya pun sudah ditemukan, seperti menggunakan aset perusahaan untuk penggunaan pribadi," tulis Nissan.

Bulan ini, Kelly sudah dibebaskan namun aparat Jepang kembali menahan Ghosn atas tudingan kejahatan lainnya. Baik Ghosn dan Kelly membantah mereka melakukan tindakan kejahatan.

7. Aturan penghapusan regident (registrasi dan identifikasi) kendaraan

Otolovers yang lalai memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) setelah 2 tahun bisa kena sanksi. Kendaraan yang tidak membayar pajak bisa dianggap bodong alias tidak bersurat.



Aturan ini sudah masuk dalam Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2009. UU No. 22 Tahun 2009 pasal 74 ayat (2) tertuang soal penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan ini.

Penghapusan registrasi dan identifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dapat dilakukan jika:

a. Kendaraan Bermotor rusak berat sehingga tidak dapat dioperasikan atau
b. pemilik Kendaraan Bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku STNK.


8. Uji Irit Mobil Low MPV

Berita Populer dan Menginspirasi Dunia Otomotif Tahun 2018Foto: Grandyos Zafna


detikOto mengetes konsumsi BBM mobil di segmen Low MPV seperti Toyota Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga Wuling Confero jadi favorit orang Indonesia.

[Gambas:Video 20detik]


Mobil dites dengan cara mengosongkan tangki dan kemudian diisi dengan 1 liter bensin saja. Mana mobil yang paling irit? Berikut hasil rata-rata pengujian konsumsi BBM 6 mobil:

Transmisi otomatis:
- Honda Mobilio 17,05 km per liter
- Mitsubishi Xpander 16 km per liter
- Avanza 12,5 km per liter
- Daihatsu Xenia 11,8 km per liter
- Suzuki Ertiga 11 km per liter

Transmisi manual:

- Wuling Confero 25,4 km per liter

9. Pengetesan Mobil Ferrari

Berita Populer dan Menginspirasi Dunia Otomotif Tahun 2018Foto: Rangga Rahadiansyah


Mobil Ferrari memang biasanya dibuat dengan desain khas mobil super. Tak heran, mobil-mobil Ferrari identik dengan mobil dua pintu yang cuma bisa dinikmati dua orang.

Tak melulu seperti itu, Ferrari juga mengeluarkan mobil yang bisa menampung empat orang sekaligus, satu sopir dan tiga penumpang. Bukan sekadar penumpang anak-anak, mobil Ferrari yang satu ini mampu menampung penumpang dewasa dengan nyaman.

Mobil yang dimaksud adalah Ferrari GTC4Lusso T. Mobil yang pertama kali meluncur di ajang Paris Motor Show 2016 ini sudah mendarat di Indonesia.

[Gambas:Video 20detik]


10. Motor Klasik Royal Enfield

Motor klasik tak dilupakan begitu saja. Saat ini, Anda juga bisa bernostalgia ke masa lalu dengan motor-motor klasik. Beberapa pabrikan pun kini masih meluncurkan motor berdesain retro. Salah satunya adalah Royal Enfield.

detikOto melakukan pengetesan terhadap Royal Enfield Bullet 500. Motor ini sudah lahir ke dunia sejak 1932.

[Gambas:Video 20detik]




(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com