Rabu, 26 Des 2018 07:34 WIB

Berita Populer Otomotif

Lamborghini Paus Fransiskus Hingga Ferrari Impian Dylan Sahara

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ferrari impian Dylan Sahara. Foto: Instagram @dylan_sahara Ferrari impian Dylan Sahara. Foto: Instagram @dylan_sahara
Jakarta - Sepanjang libur Natal 25 Desember 2018 kemarin, tak ketinggalan berita-berita otomotif yang menarik untuk diperhatikan. Bagi Otolovers yang ketinggalan berita-berita menarik akhir pekan, detikOto menyajikan rangkumannya berikut ini.

Sepanjang Selasa (25/12/2018) kemarin, ada beberapa berita menarik yang sayang kalau dilewatkan. Mulai dari Lamborghini bertanda tangan Paus Fransiskus hingga Ferrari GTC 4 Lusso yang menjadi mobil impian mendiang istri Ifan 'Seventeen', Dylan Sahara yang merupakan korban tsunami Selat Sunda.

Berikut berita-beritanya.

1. Lamborghini Paus Fransikus Seharga Rp 145.000

Lamborghini Paus Fransiskus Hingga Ferrari Impian Dylan SaharaFoto: Dok. CNN


Lamborghini bertanda tangan Paus Fransiskus dijual. Lamborghini biasanya dibanderol miliaran rupiah. Namun Anda bisa mendapatkan mobil itu seharga mulai Rp 145.000 lengkap dengan tanda tangan Paus Fransiskus.

Mobil Lamborghini itu merupakan Lamborghini Huracan RWD berkelir putih yang desainnya terinspirasi dari Paus Fransiskus. Lamborghini aslinya menyerahkan mobil kepada Paus pada bulan November 2017 lalu.

Mobil dibuat khusus oleh departemen kustomisasi Ad Personam. Lamborghini edisi khusus ini dicat dengan warna Bianco Monocerus (putih) dan garis-garis Giallo Tiberino (kuning) di sepanjang tubuhnya untuk menghormati warna bendera Kota Vatikan

Mobil kemudian dilelang oleh RM Sotheby's di bulan Mei 2018 dan laku lelang di harga 715 ribu euro atau hampir Rp 12 miliar.

Tapi rupanya menurut keterangan dari Lamborghini, pemenang lelang sampai batas waktu yang ditentukan tidak berhasil mengirim uang pembayarannya. Sehingga agar mobil tetap memberikan manfaat untuk kebaikan, cara 'penjualannya' sedikit diubah, dari lelang menjadi diundi.

Dengan hanya mulai US$ 10 sampai US$ 5.000, Otolovers bisa mencoba mendapatkan Lamborghini Huracan ini di situs fund raising Omaze. Seperti dikutip dari TopSpeed, penawaran ini hanya berlaku sampai 30 Januari 2019 saja.

Menurut Omaze, pemenang undian akan mendapatkan trip ke Roma, akomodasi hotel 4 bintang dan acara penyerahan khusus di Vatikan, yang dihadiri oleh Paus Fransiskus dan CEO Lamborghini Stefano Domenicali.

Semua uang akan digunakan untuk kegiatan amal seperti membangun desa yang dihancurkan oleh kekerasan dan perang, membantu korban perdagangan manusia, layanan kesehatan dan pendidikan untuk masyarakat miskin. Bagaimana Otolovers tertarik?

2. Wanita Kendarai Mobil Sampai 1 Juta Kilometer

Lamborghini Paus Fransiskus Hingga Ferrari Impian Dylan SaharaFoto: Hyundai Motor Amerika


Seorang wanita asal AS telah menempuh jarak lebih dari sejuta kilometer hanya dalam lima tahun dengan mobil. Hebatnya, mobil masih standar pabrikan alias tanpa modifikasi.

Adalah Farrah Haines, kurir barang dan suku cadang yang hampir setiap hari mengelilingi Amerika Serikat. Setelah lima tahun ditemani Hyundai Elantra, Haines terhitung telah berkendara sampai satu juta mil atau sekitar 1.609.344 km (berdasarkan odometer).

Lamborghini Paus Fransiskus Hingga Ferrari Impian Dylan SaharaFoto: Hyundai Motor Amerika


Banyak kalangan yang tak percaya dengan torehan tersebut. Pun dengan pihak Hyundai Motor Corporation sendiri. Total jarak yang ditempuh oleh Haines benar-benar jauh. Tiap tahunnya, rata-rata ia mengendarai mobil sampai 321.868 km.

Sebagai perbandingan, jarak Jakarta-Bali lewat darat hanya 1.170 km. Untuk mencapai 1 juta km, Haines harus harus melakukan perjalanan sebanyak 688 kali putaran. Angka itu juga setara dengan perjalanan 27 kali bolak-balik Jakarta-London lewat darat (30.000 km sekali perjalanan).

"Saya memprioritaskan pemeliharaan rutin, sehingga bisa memiliki kendaraan yang berkualitas untuk memulai aktivitas," cerita Haines.

Chief Marketing Officer Hyundai Motor America, Dean Evens mengatakan, pencapaian ini merupakan bukti kualitas produk yang ditawarkan oleh perusahaan otomotif Korea Selatan tersebut.

"Mencapai satu juta mil dengan mesin asli hanya dalam lima tahun, adalah pencapaian yang sangat langka dan luar biasa," tutur Evens.

Sebagai apresiasi atas jarak tempuh yang berhasil dicapai Haines, Hyundai memutuskan untuk mengganti mobilnya dengan Hyundai Elantra edisi 2019.

3. Mobil Ikonik Game GTA

Lamborghini Paus Fransiskus Hingga Ferrari Impian Dylan SaharaFoto: Carscoops


Bagi para pencinta game Grand Theft Auto (GTA), pasti tak asing lagi dengan mobil Bravado Banshee. Performa terbaik dan gaya yang dimilikinya membuat pemain memburu mobil tersebut. Tapi untuk di dunia nyata, hanya orang tertentu yang dapat memilikinya.

Untuk tahun ini, pihak GTA membuka kembali peluang bagi para pencintanya. Bersama Rockstar Games dan West Coast Customs, mobil berbasis Dodge Viper SRT-10 tahun 2006 tersebut akan dilelang.

eBay mengatakan bahwa harga beli mobil berusia 12 tahun tersebut sekarang adalah $62,991 atau setara dengan Rp 920 juta. Mesin v10 8,3 liter yang dipasangkan dengan transmisi manual enam percepatan masih mulus. Bahkan mobil baru berjalan sejauh 13.185 km saja.

Awalnya, Bravado Banshee dimenangkan oleh seorang nenek asal Havelock, Carolina Utara. Mobil dibeli setelah putra bungsunya membeli video game GTA dan mengikuti program adu nasib untuk membawa mobil ikonik di game tersebut.

Karena kekurangan dana untuk mendanai putranya berkuliah, mobil berusaha dilepasnya dengan banderolan $170.000 pada pertengahan 2014. Tapi mobil gagal berpindah tangan hingga setahun setelahnya. Banshee dibawa pulang oleh salah seorang pecinta mobil dengan harga $45.200 (Rp 600 jutaan).

Mobil memang sudah cukup tua sehingga tak banyak yang ingin membelinya. Tapi di mata pecinta game GTA, mobil tersebut adalah 'sesuatu'. Berminat Otolovers?

4. Ferrari Impian Dylan Sahara

Ferrari Dylan Sahara. Ferrari Dylan Sahara. Foto: Instagram @dylan_sahara


Tsunami Selat Sunda yang menerjang hebat Banten dan Lampung meninggalkan luka. Salah satunya adalah Ifan 'Seventeen' yang harus ditinggal istri tercintanya, Dylan Sahara. Beberapa foto kenangan pun ramai dikomentari netizen.

Postingan beberapa tahun lalu misalkan, di mana Dylan memperlihatkan foto sebuah mobil Ferrari berkelir putih idamannya, Ferrari GTC 4 Lusso. Dengan candaannya yang khas, ia meminta Ifan untuk membelikannya untuk kado ulang tahun.

"Hi beauty 💥💥 (and oh hai husband 🙋🏼 my birthday is 2 days away, in case you haven't found the perfect gift for me, here I send you ideas 😂🤣)," tulis Dylan.

Foto tersebut diambil Dylan saat mengunjungi pameran otomotif di Abu Dhabi dan diposting pada tanggal 21 Desember 2017. Satu tahun sebelum dirinya meninggalkan keluarga dan kerabat terdekat.

Bicara soal mobil impian Dylan ini, Ferrari GTC 4 Lusso sendiri merupakan mobil sport empat penumpang pertama dalam sejarah Ferrari. Mengusung mesin V12 Turbo dengan konsep GT Ferrari, mobil dibanderol mulai dari Rp 12 miliar.

Didukung oleh transmisi 7 percepatan otomatis, mobil memiliki daya maksimum hingga 679 hp di 8.000 RPM dan torsi 697 Nm pada 5.750 RPM. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com