Senin, 24 Des 2018 11:43 WIB

Pesawat Jet Honda Mulai Dikirim ke Konsumen

Ridwan Arifin - detikOto
Pesawat HondaJet Elite Foto: dok. Honda Pesawat HondaJet Elite Foto: dok. Honda
Tokyo - Pabrikan Honda secara global tidak hanya memproduksi sepeda motor dan mobil saja Otolovers. Berada di bawah naungan Honda Aircraft Company, pesawat Jet besutannya HondaJet Elite kini mulai dikirim ke tangan konsumen pertama.

Pengiriman dilakukan setelah sebelumnya mendapatkan sertifikasi dari Japan Civil Aviation Bureau (JCAB) dari Kementerian Lahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata pada 7 Desember 2018. Secara resmi mulai dipasarkan secara massal dengan seremonial di Bandara Internasional Haneda, Jepang (21/12/2018).



"Kami bangga akhirnya dapat melihat HondaJet mengudara di langit Jepang, yang merupakan suatu pencapaian dalam bisnis penerbangan yang dibangun Honda. Kami berupaya mendukung gaya hidup konsumen di Jepang dengan memperkenalkan mereka pada HondaJet Elite, yang diharapkan dapat membuat bisnis penerbangan semakin populer sehingga masyarakat terbiasa menggunakan pesawat jet baik untuk keperluan profesional maupun pribadi," ungkap Presiden & CEO Honda Aircraft Company dalam keterangan resmi yang diterima detikOto.

Sejak Juni 2018, Honda telah menerima lebih dari sepuluh pesanan pesawat besutannya. Dan untuk pertama kalinya pesawat ini diberikan kepada konsumen. Siapakah pemilik tersebut? Dia adalah Kotaro Chiba, seorang pendiri perusahaan pendanaan untuk pengembangan drone.



"Honda telah memperkenalkan produk berkualitas internasional untuk transportasi udara, dan saya berterima kasih kepada Fujimo dan timnya yang telah menciptakan HondaJet Elite," kata Kotaro Chiba.

Dia juga mengatakan bahwa dengan adanya pesawat tersebut mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi karena semakin mudahnya mobilitas apalagi saat jet ringan ini sudah mulai banyak digunakan oleh masyarakat.

Honda mengklaim pesawat miliknya ini menjadi jet tercepat dengan jarak tempuh terjauh dan mempu meraih ketinggian udara tertinggi di kelasnya. Tak hanya sertifikasi JCAB, Honda Elite juga sudah mendapatkan pengakuan dari Amerika (Federal Aviation Administration), Eropa (European Aviation Safety Agency), dan India (Directorate General of Civil Aviation).

Sebelumnya HondaJet juga pernah mampir untuk pertama kalinya ke Indonesia, pada September 2017, tepatnya di Bandara Halim Perdana Kusuma. Sayangnya bagi orang Indonesia yang berminat HondaJet belum memasarkan pesawat ini di Tanah Air. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com