Senin, 17 Des 2018 07:38 WIB

Berita Populer Akhir Pekan

MINI Seharga Rp 12 Ribu, Motor Tunggangan Jokowi dan Prabowo

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Prabowo dibonceng ojek online naik Xmax. Foto: dok. BPN Prabowo-Sandiaga
Jakarta - Sepanjang akhir pekan tak ketinggalan berita-berita menarik seputar otomotif. Bagi Otolovers yang ketinggalan berita-berita menarik akhir pekan, detikOto menyajikan rangkumannya berikut ini.

Sepanjang akhir pekan, ada beberapa berita menarik yang sayang kalau sampai ditinggalkan. Mulai dari mobil MINI Cooper seharga Rp 12.000 yang didapat driver ojek online, sampai Yamaha Xmax yang menjadi tunggangan Jokowi dan Prabowo.

Berikut berita-beritanya.

1. MINI Cooper Seharga Rp 12.000 Diraih Driver Ojek Online

MINI Seharga Rp 12 Ribu, Motor Tunggangan Jokowi dan PrabowoFoto: Ari Saputra


Salah satu e-commerce, Bukalapak, menyajikan promo menarik selama Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Salah satunya adalah MINI Cooper yang bisa dibawa pulang hanya dengan mahar Rp 12.000.

Dedi Heryadi menjadi salah seorang driver ojek online yang beruntung. Hanya mengeluarkan kocek Rp 12.000 ia berhasil memboyong satu unit MINI Cooper.

Namun ada hal yang harus Dedi tanggung sendiri setelah memenangkan mobil ratusan juta itu yakni menanggung berbagai pajaknya sendiri. Meliputi pajak atas mobil yang berhasil diserbu oleh peserta, biaya balik nama, dan lain sebagainya.

"Ini bukan hadiah soalnya. Jadi pemenang masih menanggung pajaknya sendiri. Pajak yang dimaksud adalah pajak atas mobil/motor yang berhasil disebu oleh peserta," kata Public Relation Bukalapak Miftach ketika dihubungi detikOto di Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Namun pemenang tidak akan dipungut biaya terkait pelunasan atau yang berkaitan dengan pembelian unit. "Itu kita yang tanggung," ujar Miftach.

Selain mobil MINI Cooper, 1 unit motor Vespa S 125 i-Get juga berhasil diboyong pulang oleh penyerbu terpilih lainnya, Agus Priyatmoko, dengan harga yang sama, yakni Rp 12.000.

2. Avanza Model 2019 Sudah Bisa Dipesan

Toyota Avanza dan Veloz model saat ini. Toyota Avanza dan Veloz model saat ini. Foto: Dadan Kuswaraharja


Toyota Avanza model terbaru menjadi salah satu mobil yang ditunggu-tunggu konsumen di Indonesia. Kabarnya, mobil sejuta umat itu akan mendapat pembaruan pada awal 2019 mendatang.

Saat detikOto mencoba berkunjung ke salah satu diler Toyota, salah seorang tenaga penjual di sana menyebut Avanza model 2019 sudah bisa dipesan.

"Avanza yang baru sudah banyak yang pesan, nanti Januari diluncurkan sedangakan serah terima kepada pembeli dilakukan pada Februari 2019," ujar salah seorang tenaga penjual yang tak disebutkan namanya di salah satu diler Toyota, Jakarta.

Tanpa menyebutkan detail harga mobil sejuta umat itu, ia lebih lanjut mengatakan, konsumen yang berminat meminang Avanza model terbaru ini harus menyiapkan kocek sebesar Rp 57 juta sebagai uang muka alias Down Payment (DP).

DP sebesar Rp 57 juta itu disertai dengan masa tenor selama lima tahun.

"Kalau mau pesan sekarang itu bayar DP-nya minimal Rp 57 Juta, dan pastinya mobil baru pada awal tahun ngga ada promo," tambah wanita yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut.

Untuk model terakhir 2018 saat ini hanya tersedia 16 unit secara nasional, mengingat lini produksi mobil tersebut sudah diisi dengan model terbaru yang akan lalu lalang di jalan Indonesia mulai Januari 2019.

Menghabiskan sisa yang sedikit dan promo akhir tahun konsumen Avanza 2018 bisa mendapatkan potongan harga hingga Rp 28 juta.

3. Yamaha Xmax Jadi Tunggangan Jokowi dan Prabowo

MINI Seharga Rp 12 Ribu, Motor Tunggangan Jokowi dan PrabowoFoto: Prabowo Subianto naik ojek online (dokumentasi tim Prabowo Subianto)


Yamaha Xmax menjadi tunggangan Jokowi dan Prabowo. Akhir pekan kemarin, Minggu (16/12/2018), calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto tertangkap kamera sedang diboncengi motor oleh driver ojek online untuk menghadiri acara kopi darat bersama ribuan pengemudi ojek online di Sentul. Prabowo diboncengi naik Yamaha Xmax.

Xmax sendiri sudah sejak tahun 2016 dikenalkan oleh Yamaha ke pasar global. Bicara soal spesifikasi dari versi teranyar di tahun 2018, Xmax mengedepankan tiga hal yakni Ultimate Style, Ultimate Comfort, dan Ultimate Performance.

Supaya sejalan dengan konsep tiga hal di atas, Yamaha Xmax 250 sudah ditopang dengan One Piece Forged Crankshaft On Yamaha 250 cc Scooter. Sehingga diklaim memiliki rigidity yang sangat baik serta ringan.

Motor Yamaha Xmax 250 dibekali mesin Liquid Cooled 4-stroke, SOHC bersilinder 250cc. Dengan mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 16.8 Kw pada 7.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 24.3 Nm pada 5.500 rpm.

Jokowi Naik Xmax. Jokowi Naik Xmax. Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing


Tak cuma Prabowo, sebelumnya Yamaha Xmax juga pernah dinaikki calon presiden nomor urut 1 Joko Widodo saat berkunjung ke pabrik Yamaha di kawasan Pulogadung. Kala itu, Jokowi menghadiri peresmian ke-satu juta unit ekspor Yamaha.

Bedanya Jokowi hanya duduk di atas Xmax sambil berbincang dengan petinggi Yamaha juga jajaran menteri. Ia pun teringat akan dirinya ketika mengendarai motor pada upacara pembukaan Asian Games 2018.

Sedangkan Prabowo duduk di bagian belakang laiknya penumpang ojol lain. Duduk di bangku penumpang, Prabowo melengkapi dirinya dengan perangkat keselamatan seperti kacamata hitam dan juga helm.

4. Wuling Salip Nissan

MINI Seharga Rp 12 Ribu, Motor Tunggangan Jokowi dan PrabowoFoto: Muhammad Ridho


Aktifitas Nissan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir memang terbilang sepi. Bahkan tidak ada mobil yang benar-benar baru diluncurkan oleh Nissan.

Paling tidak Nissan hanya sedikit memoles tampilan pada mobil-mobilnya yang dijual di Indonesia. Hal itupun sempat membuat Nissan diterpa kabar miring soal penutupan pabriknya di Indonesia.

Penjualan Nissan di Indonesia pun mulai tersalip oleh pendatang baru asal China, Wuling. Perlahan tapi pasti Wuling menorehkan kenaikan penjualan mobilnya di Indonesia.

Tercatat dalam data distribusi wholesales dan ritel Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bermodalkan tiga model Wuling menjual lebih banyak mobil dari Nissan.

Misalnya bulan November secara wholesales (dari pabrik ke diler), Wuling mengirimkan 1.277 unit mobilnya ke diler. Sedangkan Nissan hanya 819 unit. Secara total wholesales, 14.677 unit Wuling dikirim ke diler. Sementara Nissan tidak sampai setengahnya yakni 6.378 unit.

Kenaikan penjualan Wuling ini didukung pula oleh data ritel (dari diler ke konsumen). Pada bulan kesebelas tahun 2018, sebanyak 1.119 unit mobil Wuling terparkir di garasi konsumen.

Penjualan ritel Nissan justru tidak tembus 1.000 unit. Dalam data Gaikindo Nissan hanya mengirim 619 unit mobilnya ke konsumen pada November 2018. Sejak awal tahun Wuling memang sudah ngegas. Kalau dijumlah selama 11 bulan, sebanyak 13.808 unit mobil Wuling dikirim ke seluruh konsumen di Indonesia.

Torehan bagus Wuling belum dicapai oleh Nissan selama 2018 ini. Penjualan ritel Nissan selama 11 bulan hanya 6.333 unit.

Nissan sendiri baru 'aktif' lagi setelah meluncurkan mobil barunya yakni Terra pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Di Indonesia, Terra bakal menantang para pendahulunya seperti Toyota Fortuner, Pajero Sport, Isuzu mu-X, hingga Trailblazer. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com