Jumat, 14 Des 2018 17:53 WIB

Jalan Rusak Makin Picu Kecelakaan di Musim Hujan

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Jalanan Berlubang Foto: Ridwan Arifin Ilustrasi Jalanan Berlubang Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Memasuki musim penghujan para pengendara diharapkan agar lebih berhati-hati di jalan, terutama saat melintasi sejumlah jalan yang berlubang. Karena tidak sedikit kecelakaan terjadi, akibat jalan berlubang.

Bahkan tak jarang, meski belum memasuki musim penghujan kecelakaan lalu lintas sering terjadi yang disebabkan karena kondisi jalan yang tidak baik.



Seperti yang dikatakan pengamat transportasi sekaligus akademisi di Universitas Katolik Soegijapranata, Djoko Setijowarno. Kondisi jalanan yang tdak bersahabat kerap menjadi penyebab kecelakaan.

"Kondisi jalan yang rusak sering menyebabkan kecelakaan, bahkan mengakibatkan jatuh korban jiwa. Terlebih di musim hujan ini," ungkap Djoko.

Lebih lanjut dirinya menyoroti peran serta tugas pemerintahan untuk membenahi jalan sekaligus rambu jalan di Indonesia.



"Penyelenggara jalan wajib membenarkan jalan yang rusak serta memberikan tanda atau rambu untuk mencegah terjadinya kecelakaan," ungkap Djoko

"Pemerintah daerah maupun pemerintah pusat bisa dikenakan sanksi jika membiarkan jalan rusak, sehingga mengakibatkan jatuh korban akibat kecelakaan," tambahnya.

Pernyataan ini juga terdapat dalam pasal 24 ayat (1) dan (2) UU No. 22 tahun 2009. Dalam pasal tersebut dikatakan, Penyelenggara Jalan wajib segera dan patut untuk memperbaiki Jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan Kecelakaan Lalu Lintas.

Ayat (2) mengatakan, dalam hal belum dapat dilakukan perbaikan Jalan yang rusak sebagaimana dimaksud pada ayat (1), penyelenggara Jalan wajib memberi tanda atau rambu pada Jalan yang rusak untuk mencegah terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed