Kamis, 06 Des 2018 22:49 WIB

Karawang Jadi Pabrik Mobil Listrik

Herdi Alif Al Hikam - detikOto
Luhut Binsar Pandjaitan Foto: Muhammad Ridho Luhut Binsar Pandjaitan Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Pemerintah ingin genjot mengembangkan kendaraan listrik. Pemerintah sudah menyiapkan pabrik baterai di Morowali, Sulawesi Tengah. Namun ternyata pemerintah juga tengah memikirkan untuk membangun pabrik mobil listrik di Karawang, Jawa Barat.

Soal pembangunan pabrik mobil listrik itu disampaikan Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kamis (6/12/2018).



Menurut Luhut produksi baterai Lithium di Morowali bisa menggantikan baterai yang digunakan salah satunya untuk motor listrik Gesits. Menurutnya, baterai Lithium bisa lebih murah dibanding yang sudah ada di Gesits bahkan mobil konvensional.



"Baterainya dari Morowali. Kita punya industri mobil listrik, jadi nggak tergantung mobil konvensional. Nanti baterai Lithium di Morowali selesai dalam 1,5 atau 2 tahun ke depan, sudah ada Gesits tapi baterainya masih mahal," ujar Luhut.

Bukan hanya baterai, Luhut pun mengatakan pemerintah juga akan membuat pabrik untuk memproduksi kendaraan listrik. Dia merencanakan membangun pabrik di Jawa Barat.

"Sementara itu kita mikir, bikin pabrik mobil listrik. Nanti kita buat di Karawang, Jawa Barat," ujar Luhut.

Sebelumnya motor listrik nasional Garansindo Electric Scooter ITS atau Gesits telah diperkenalkan November 2018 lalu. Motor ini juga telah diuji coba Presiden Joko Widodo di Istana. Jokowi mengaku kalau motor sudah diproduksi dirinya siap membeli 100 unit motor Gesits.



Tonton juga ' Kementerian ESDM Dorong Implementasi Kendaraan Listrik di RI ':

[Gambas:Video 20detik]

Karawang Jadi Pabrik Mobil Listrik
(zlf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed