Rabu, 05 Des 2018 21:36 WIB

Bus Listrik Moeldoko Banjir Pesanan

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - MAB (Mobil Anak Bangsa), merek bus listrik milik Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko diakui sudah banyak yang memesan. "Sementara ini sudah mulai banyak pesanan," ujar Moeldoko di kantor BPPT, Jakarta, Rabu (5/18/2018).



Meski diklaim sudah banyak dipesan, bus MAB saat ini masih sekadar prototipe.

"Ini baru prototipe kedua. Dulu prototipe pertama kami tes elektronika. Untuk prototipe kedua tes sasisnya. Karoserinya dari New Armada. 100 persen sasis buatan anak bangsa," ujar Bambang Tri Soepandji, Technical Director MAB.

Bus listrik MoeldokoBus listrik Moeldoko Foto: Rachman Haryanto


Setelah prototipe kedua rampung, MAB rencananya akan meluncurkan prototipe ketiga pada Januari 2019 nanti.

"Setelah itu (MAB) mass production, semua sudah saya siapkan dan mudah-mudahan dengan keluarnya perpres (kendaraan listrik), berjalan lancar," pungkas Moeldoko.



Sebagai informasi, MAB merupakan bus listrik yang didesain seperti bus - bus di Eropa.

"Nggak asal bikin. Jadi kami cari selera masyarakat dulu. Nah, ketemu gaya Eropa. European style ini lebih ke fungsinya. Jadi desain bus lebih minimalis, dan prioritas untuk penumpang berdiri dan penyandang disabilitas. Itu mengapa kursi untuk penumpang duduk agak sempit," terang Bambang.

Menurut Ketua Umum Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Indonesia Gunadi Sindhuwinata, bus listrik itu mampu melaju hingga 300 km dengan interval pengisian daya hanya 3 jam saja.

"250 ke atas sampai 300 km tanpa isi (lagi), perlu diisi waktu yang dibutuhkan sampai penuh 3 jam, nge-charge 3 jam, jarak tempuh bisa sampai 300 km," ujarnya beberapa waktu lalu.



Tonton juga 'Bus Listrik Mobil Anak Bangsa Bakal Beroperasi di Bandara':

[Gambas:Video 20detik]

Bus Listrik Moeldoko Banjir Pesanan
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya