Kamis, 29 Nov 2018 09:50 WIB

Industri Kecil Turut Berkontribusi dalam Perakitan Mobil di RI

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Perakitan mobil dalam negeri memberikan banyak peluang bisnis mulai dari industri besar, menengah hingga kecil. Meskipun belum menyediakan komponen penting seperti mesin atau teknologi lainnya, sudah banyak industri kecil yang memasok kebutuhan para produsen demi memproduksi mobil di dalam negeri.

Hal ini diakui oleh Purchasing Departemen PT. Dasa Windu Agung, Irawati yang menjadi Tier APM Daihatsu di Indonesia.

"Kita menyediakan headlining untuk mobil Daihatsu sejak lebih dari 20 tahun lalu. Untuk itu kami juga membutuhkan kontribusi Industri kecil seperti bracket, sampai packaging."

Gotong royong pembuatan mobil di dalam negeri tidak serta merta dilakukan dalam satu pabrik, berbagai pelaku industri saling bersinergi untuk memberikan pasokan komponen otomotif perakitan mobil.


Supaya kebutuhan APM, Tier APM terpenuhi, industri kecil perlu didampingi dan diampingi demi menjaga kualitas pada level yang diharapkan.

"Kami hanya mempersiapkan industri kecilnya, tapi kebutuhannya yang tau kan industri besar. Nanti kami akan menjajaki kebutuhan industri besar berapa," ujar Dirjen Industri Kecil Menengah, Gati Wibaningsih saat ditemui detikOto di Gedung Kementrian Perindustrian, Jakarta (27/11/2018).

Untuk mencapai target tersebut Kementrian Perindustrian kembali menyelenggarakan kegiatan Link and Match IKM komponen otomotif dengan Tier APM dan industr besar di Gedung Kementrian Perindustrian.

"Kegiatan Link and Match ini merupakan langkah nyata Kementrian Perindustrian dalam memperkuat peran IKM dalam struktur Industri Nasional," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah, jelas Gati. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com