Selasa, 27 Nov 2018 16:45 WIB

Wanita Sumbang Angka Kecelakaan Lebih Tinggi Dibandingkan Pria

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi kecelakaan Foto: Arif Syaefudin/detikcom Ilustrasi kecelakaan Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Jakarta - Pertumbuhan sepeda motor turut diikuti dengan perkembangan pengguna kendaraan sepeda motor. Hal tersebut menyebabkan angka kecelakaan juga semakin bertambah.

Hal tersebut disampaikan oleh Founder dan CEO Queenrides Iim Fahima Jachja di acara GOJEK safety riding, di Pasaraya, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (27/11/2018).



"Pertumbuhan pengguna motor di Indonesia dalam waktu 5 tahun belakang itu meningkat sampai 42 persen tapi angka kecelakaan yang melibatkan perempuan dalam dua tahun meningkat 49,5 persen," ungkap Iim.

Lebih lanjut, kata Iim, berdasarkan survei yang ia lakukan ternyata pengguna kendaraan bermotor wanita di jalan raya merupakan tulang punggung keluarga.

"Survei yang melibatkan 3500 perempuan, 80 persen perempuan pengguna motor dan mobil adalah tulang punggung keluarga," ungkapnya.



Lebih lanjut Iim mengatakan bahwa berdasarkan data Korp Lalu Lintas Polri (Korlantas), perempuan lebih mendominasi angka kecelakaan dibandingkan pria.

"Sayangnya data dari Korlantas 5 banding 2 khususnya daerah Jakarta, 5 adalah perempuan, dan 2 laki-laki adalah korban kecelakaan di jalan raya," terang Iim.

Berangkat dari hal itu Iim Fahima, menggelar kampanye keselamatan guna mengedukasi kaum wanita untuk berkendara dengan aman. Salah satunya berkolaborasi dengan GOJEK, Kementerian Perhubungan untuk memberikan safety driving bagi wanita.

Sejak didirikan pada Januari 2018 komunitas Queenrides sudah menjaring lebih dari 200 ribu anggota baik online maupun offline. Queenrides dibantu Korlantas Polri dan Kemenhub sudah mengedukasi 9 ribu pengendara secara offline dan kegiatan ini akan terus berlanjut.


Wanita Sumbang Angka Kecelakaan Lebih Tinggi Dibandingkan Pria
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed