Kamis, 27 Sep 2018 13:34 WIB

Punya SPLU Sendiri, Pertamina Tidak Berniat Saingi PLN

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Indramayu - Pertamina akan mengoperasikan pengisian energi untuk kendaraan listrik masa depan yang disebut Green Energy Station (GES). Pertamina tidak berniat menyaingi Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) milik PLN.

"Kendaraan listrik itu kan bagus untuk lingkungan dan kita melihat itu sebagai langkah yang bagus," ujar External Communication Manager Pertamina, Arya Dwi Paramita saat ditemui detikOto di Pertamina EP Asset 3 Balongan, Jawa Barat.


SPLU PertaminaSPLU Pertamina Foto: Rachman Haryanto




GES Pertamina rencananya akan mulai dioperasikan menyatu dengan SPBU di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta. "Untuk pengembangan ke depannya kami belum bisa berkomentar lebih jauh, yang pasti datang dulu saja ke launching SPLU Pertamina di Kuningan," ujar Arya.

Sebelum membuat GES, Pertamina sebelumnya juga sudah membuat baterai kendaraan listrik bersama dengan UNS, baterai itu bisa dipakai di kendaraan listrik seperti motor.

Baterai Pertamina dan UNSBaterai Pertamina dan UNS Foto: Pertamina




PLN sendiri sudah mengambil langkah lebih dulu dengan target penyedian SPLU tahun ini sebanyak 1.000 stasiun. "Untuk SPLU target kita tahun ini bisa memiliki 1.000 stasiun. Kalau tidak salah sudah 700-an hingga 800 SPLU di Jakarta, untuk di daerah-daerah kita sudah ada prototipenya. Dan ini masih percontohan, seperti membangun di alun-alun atau di kantor PLN tapi tidak terlalu besar," ujar Ketua Tim Kendaraan Listrik PLN, Zainal Arifin, kepada detikOto beberapa waktu lalu. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed