Rabu, 12 Sep 2018 19:57 WIB

Berapa Harga Pembatas Tong yang Mau Dipasang Ridwan Kamil?

Dina Rayanti - detikOto
Roller barrier di Malaysia. Foto: dok Paultan Roller barrier di Malaysia. Foto: dok Paultan
Jakarta - Namanya teknologi canggih pasti harganya tidak murah. Begitu pula dengan teknologi yang tersemat pada pembatas jalan tong atau roller barrier yang rencananya bakal dipasang di beberapa wilayah provinsi Jawa Barat.

Pembatas jalan mirip tong yang sudah terpasang di Malaysia pada akhir 2016 itu diklaim lebih mahal enam kali lipat daripada pembatas jalan konvesional yang terbuat dari beton.


"Untuk memasang pembatas jalan biasa kami harus membayar 250 Ringgit (setara dengan Rp 896 ribu) per meter, sedangkan roller barrier 1.500 Ringgit (setara Rp 5,3 juta) per meter," ujar Datuk Rosnah Abdul Rashid Shirlin yang kala itu menjabat sebagai Deputy Works Minister.

Untuk pemasangangannya sendiri ucap Rosnah membutuhkan waktu 58 hari. Sistem tersebut sengaja dipasang pemerintah Malaysia untuk mengurangi kecelakaan di sana.


Rencana pemasangan roller barier ini pertama muncul dari Gubernur Jawa Barat yang baru terpilih Ridwan Kamil. Ia mengungkap beberapa daerah di Jawa Barat memiliki jalan berliku dan melewati jurang sehingga biar lebih aman akan dipasangi roller barrier.

Teknologi roller barrier ini akan didatangkan langsung dari Korea Selatan yakni perusahaan ETI ltd. Selain Korea Selatan, Australia pun sudah melakukan hal serupa sejak tahun 2014. Keduanya mengklaim pembatas tongnya aman karena sudah melalui serangkaian tes di Eropa dan Amerika.


(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed