Rabu, 12 Sep 2018 11:45 WIB

Roller Barrier yang Mau Dipasang Kang Emil Lebih Aman, Tapi...

Dina Rayanti, Dina Rayanti - detikOto
Pembatas jalan dari tong. Foto: dok Paultan Pembatas jalan dari tong. Foto: dok Paultan
Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana untuk memasang roller barrier atau lebih dikenal dengan pagar pembatas berbentuk tabung silinder. Pagar pembatas itu diklaim lebih aman karena bisa menyerap energi benturan dan kemudian menjadi energi rotasi sehingga kendaraan bisa kembali terdorong ke jalurnya.

Pembatas jalan ini menggunakan besi dan roller sebagai komponen utamanya. Tapi tak sepenuhnya aman juga nih Otolovers. Melansir Road and Track, Rabu (12/8/2018), roller pembatas ini juga bisa berpotensi untuk menyebabkan hal yang lebih buruk.


Misalnya saja kalau saat mobil menabrak pembatas jalan kemudian terdorong ke jalur yang sedang ramai oleh kendaraan lain, justru malah berpotensi untuk menimbulkan kecelakaan baru dengan bertambahnya korban.

Memang belum ada penjelasan lebih detil terkait tepat atau tidaknya pemasangan roller barrier untuk mengurangi kecelakaan. Karena saat terjadi kecelakaan tidak ada yang tahu skenarionya bakal seperti apa. Kalau jalanan sedang lowong pemasangan barrier memang tepat untuk meredam kecelakaan.


Dengan kata lain hingga saat ini belum ada satu hal yang benar-benar bisa meredam kecelakaan dengan pasti. Satu hal yang mesti diingatt adalah tetaplah berkendara sesuai aturan dan tak perlu ugal-ugalan karena dapat menimbulkan kecelakaan serta membahayakan orang lain.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil memang belum menyebutkan secara pasti kapan teknologi ini bakal diterapkan di mana saja. Namun tampak ia cukup optimis pagar pembatas itu bisa mengurangi kecelakaan.



Simak juga video Ridwan Kamil: Bawa Cinta ke Panggung Politik

[Gambas:Video 20detik]

(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed