Jumat, 24 Agu 2018 17:07 WIB

Masjid Berjalan Seperti Transformers Bikin Bingung Polisi

Ruly Kurniawan - detikOto
Truk Masjid. Foto: Yasu Project Truk Masjid. Foto: Yasu Project
Jakarta - Jepang terkenal akan teknologi yang sangat maju. Satu di antaranya adalah masjid berjalan atau mobile mosque yang didirikan di sebuah truk Hino. Hanya dengan menekan suatu tombol, truk bisa berubah seperti mobil di film Transformers menjadi masjid yang mampu menampung 50 orang.

Teknologi tersebut dikatakan terobosan terbaru dan satu-satunya di Jepang. Kepala Panitia Pelaksana Proyek Masjid Berjalan sekaligus CEO Yasu Project Co., Ltd Yasuharu Inoue mengungkapkan, ketika masa percobaan, polisi setempat pun dibuat kebingungan atas teknologi tersebut.

"Teknologinya itu luar biasa. Samping-sampingnya bisa terbuka, bawahnya, atasnya, dan lainnya. Semua itu maksimum hanya membutuhkan waktu 5 menit. Polisi Jepang pun sampai bingung, belum ada yang bisa bergerak secepat ini (mekanisme berubah menjadi masjid-nya)," kata Inoue di kunjungannya ke Jakarta, Kamis (23/8/2018) kemarin.


"Secara teknis mendetailnya cukup sulit dikatakan, tapi itu adalah salah satu bukti bahwa teknologi di masjid berjalan sangat canggih. Ya, perubahannya seperti di film Transformers," lanjutnya.

Teknologi itu pula yang sangat sulit dibuat. "Jadi ketika ingin dibuat di Indonesia pelajari dulu software-nya, mobilnya, teknologinya, dan lain sebagainya. Mempersiapkan dulu SDM-nya karena ini teknologi asli Jepang, cukup sulit. Setelah itu baru deh kita berbicara investasi," tutup Inoue.

Berbicara fasilitas di masjid berjalan ini, di sana terdapat karpet sebagai alas, AC, kompas, tempat wudhu, sampai mineral crystal sebagai penyejuk ruangannya. "Selain jadi tempat sholat, truk bisa jadi apa pun. Multifungsi," kata Inoue. Truk bisa menjadi restoran halal dan lain-lain. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed