Rabu, 22 Agu 2018 17:36 WIB

DP Nol Persen Tidak Akan Berpengaruh pada Moge

M Luthfi Andika - detikOto
Moge Honda Gold Wing. Foto: PT Astra Honda Motor Moge Honda Gold Wing. Foto: PT Astra Honda Motor
Jakarta - Wacana untuk bisa memperkecil Down Payment (DP) hingga nol persen rupanya tidak terlalu berpengaruh pada motor besar alias moge. Hmm, apa alasannya nih?



"Moge mungkin belum tentu. Karena ini kan membutuhkan dengan DP yang besar, agar bulannya lebih kecil. Selain itu pengguna moge itu untuk kelas atas, jadi belum butuh," ujar Presiden Direktur dan CEO PT Federal International Finance (FIF), Margono Tanuwijaya.

Meski demikian, Margono mengakui, aturan baru yang mengatur DP hingga nol persen ini bisa diterapkan pada motor lainnya.



"Tapi bisa saja aturan ini ditetapkan pada kendaraan tertentu. OJK hanya mengatur aturannya saja. Tapi kembali ke finance company itu sendiri dan mekanisme marketnya," tambahnya.

Sebagai catatan OJK sebelumnya sudah memiliki Surat Edaran OJK No.47/SEOJK.05/2016 tentang besaran uang muka pembiayaan kendaraan bermotor bagi perusahaan pembiayaan baik syariah dan konvensional. Dari surat tersebut aturan uang muka berkisar dari 5% -25%. Seluruhnya tergantung dari kesehatan perusahaan. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com