Rabu, 22 Agu 2018 15:02 WIB

Libur Idul Adha, Ranjau Paku Masih Mengintai Pengendara Jakarta

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ranjau Paku Mengintai Pengendara Jakarta di Libur Idul Adha. Foto: Dok. Rohim Saber Ranjau Paku Mengintai Pengendara Jakarta di Libur Idul Adha. Foto: Dok. Rohim Saber
Jakarta - Ranjau paku masih mengintai pengendara di Jakarta meski di hari libur Idul Adha hari ini. Salah satu Relawan Penyapu Ranjau Paku Saber Community, Rohim, tetap menjalankan aksi positifnya mengumpulkan ranjau paku di jalan utama di Jakarta.

Hari ini, Rohim tak libur dalam mengumpulkan ranjau paku. Bahkan, sejak tadi pagi Rohim sudah menyisir Jl. Makaliwe, Grogol dan melanjutkan ke Jl. Gatot Subroto.

"Tadi pagi patroli dari 8.30 sampai dengan 10.30. Tadi dari Jl Makaliwe, Grogol lanjut Jl Gatot Subroto," kata Rohim kepada detikOto, Rabu (22/8/2018).



Sebenarnya ranjau yang mengancam pengendara di Jakarta ini bukan berupa paku. Ranjau yang disebar ini adalah besi dari jari-jari payung. Ranjau itu kalau menusuk ban akan membuat ban kendaraan kempis kehabisan angin. Beberapa waktu lalu, Rohim mengatakan dari semua jenis ranjau paku jalanan, rangka payung selama ini jadi ranjau yang paling berbahaya untuk ban motor. Jangankan ban biasa, ban tubeless pun bisa bocor terkena ranjau jari-jari payung ini.

Sudah lumayan banyak ranjau jari-jari payung yang didapat Rohim di Hari Raya Idul Adha ini. Dalam akun instagramnya, Rohim meminta agar pengendara tetap berhati-hati.



"Setiap hari selalu ada ranjau jari-jari payung. Hari ini lumayan, ada seperempat kilogram setelah penyapuan," sebut Rohim.

Menurut dia, lubang rongga di tengah jari-jari payung membuatnya jadi sangat efektif membuat ban kempes. Bahkan, tak jarang pula, ban mobil yang lebih tebal sekalipun kerap tertembus ranjau yang biasanya dibuat dari payung-payung bekas tersebut.

[Gambas:Instagram]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed