Senin, 20 Agu 2018 07:18 WIB

Perut Bus Ini Bisa Menampung 4 Motor Skutik

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Perusahaan karoseri yang bermarkas di Malang, Adi Putro punya model bus Ultra High Deck (UHD). Dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OC500 RF 2542 bermesin turbo intercooler, model Jetbus 3+ ini bisa mengangkut motor.

Salah satu Bus Marketing Adi Putro, Quanmo menjelaskan kepada detikOto bahwa bus yang berharga jual Rp 3,1 miliar tersebut memiliki dimensi yang bongsor. Yakni panjang total 13.500 mm, lebar 2.500 mm, dan tinggi 4.000 mm. Bagasi bus bisa menyimpan 4 motor sekaligus.

"Iya, sangat besar. Hampir menyamai double-decker (bus tingkat), mungkin. Motor bisa dimasukkan juga, tergantung ukurannya. Kalau skutik sekarang, 4 unit mungkin," ujarnya ketika dihubungi detikOto di Jakarta, pekan lalu.



Selain dimensinya, hal tersebut memungkinkan karena ruang kargo di bawah dek ekstra besar dan luas. "Ketika dimasukkan motor, bus bisa mengangkut sampai 52 penumpang. Idealnya seperti itu," kata Quanmo.

Untuk naik bus yang menjadi kendaraan favorit di Gaikindo Indonesia International Auto Show lalu ini, disiapkan pintu di bagian depan dan tengah yang dibantu tangga. Sebab, tapaknya cukup tinggi.

Bus ini juga memiliki teknik pencahayaan terkini yaitu lampu LED di bagian headlamp dan stop lamp serta sudah dilengkapi LED Daytime Running Light. Begitu juga dengan lampu seinnya.

Di kabinnya, bangku penumpang sudah dilengkapi sabuk pengaman dan sandaran kaki yang cukup nyaman ketika berpergian jauh. Ada juga tirai jendela pada setiap pilar bus serta lampu LED yang memberi pencahayaan di dalam kabin. Berkat lampu tersebut, pada malam hari aura kabin bus terasa mewah.



Simak video Bus Buatan Lokal yang Sudah Diekspor Ke Fiji

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com