Rabu, 15 Agu 2018 19:21 WIB

Shell Lubricants Tunggu Aturan Euro4 di Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Pelumas Shell Foto: Ruly Kurniawan Pelumas Shell Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Standar emisi euro4 di Indonesia untuk kendaraan roda empat akan berlaku beberapa bulan ke depan. Lonceng pengesahannya bahkan sudah dibunyikan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 kemarin.



Beberapa hal tentu harus disesuaikan mengikuti standar yang baru tersebut. Salah satunya adalah pelumas. Tapi hingga sekarang, Pemerintah mengaku belum memiliki standar untuk pelumas khusus euro 4 di Indonesia.

"Untuk standar pelumas euro4 saya belum mendapatkan informasinya. Sekarang masih mengikuti yang lama. Tapi nanti pasti kita menuju ke sana (standarisasi oli euro 4)," ungkap Direktur Jendral Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Achmad Sigit Dwiwahjono di kawasan Marunda, Bekasi, Rabu (15/8/2018).



Di lain sisi, beberapa produsen pelumas sudah menghadirkan oli khusus kendaraan yang sudah standar euro4. Salah satunya ialah Shell.

"Ketika euro4 nanti, oli Shell tidak ada perubahan dalam kandungan. Karena formulasi standar semua oli Shell yang ada di Indonesia mengikuti global. Dimana sudah support untuk mobil sampai euro 5," ucap VP technical PT Shell Lubricants Indonesia Bambang Wahyudi.

"Kita sudah siap untuk ke euro4," katanya lagi. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed