Kamis, 09 Agu 2018 11:52 WIB

Ini Waktu Paling Sering Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Sebuah mobil mengalami kecalakaan tunggal di Tol Tangerang-Merak KM 97 dan rusak parah. (Istimewa) Foto: Sebuah mobil mengalami kecalakaan tunggal di Tol Tangerang-Merak KM 97 dan rusak parah. (Istimewa)
Jakarta - Kecelakaan lalu lintas memang sudah jadi risiko pengguna jalan, waktu kejadiannya pun tidak dapat diprediksi. Namun menurut data kepolisian, ada jam-jam tertentu sering terjadi kecelakaan.

"Waktu kejadian rata-rata tahun lalu masih antara jam 12.00 sampai 15.00, tapi sekarang sudah berubah, jam 15.00 sampai jam 18.00," ujar AKBP Dedy Suhartono, Kasubdit Laka Lantas Polri, di ICE BSD, Rabu (8/8/2018).

Ada berbagai faktor yang membuat waktu tersebut menjadi waktu paling sering terjadinya kecelakaan lalu lintas. Faktor utama karena pada waktu tersebut merupakan jam padat kendaraan di jalanan.

Ditambah pada waktu tersebut merupakan waktu istirahat para polisi yang bertugas, sehingga kerap tidak ada yang mengatur lalu lintas.

"Faktor pertama adalah di jalan nggak ada yang jaga pada istirahat kan capek. Nah, mumpung nggak ada polisi cepat-cepatan (para pengendara)," katanya.

Selain itu, terburu-buru ingin sampai rumah karena sudah lelah seharian kerja menjadi faktor utama lainnya.

"Kemudian pas jam sibuknya mungkin pas mau Maghrib, dia (pengendara) sudah capai kerja pengen cepat sampai rumah dan sebagainya," tutup Dedy. (khi/ash)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed