Rabu, 18 Jul 2018 10:46 WIB

Produsen Bantu Polisi Ungkap Pemalsuan Suku Cadang

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi Spare Part palsu Foto: Polisi Gerebek Rumah Produksi Spare Part Palsu di Palembang (Raja-detikcom) Ilustrasi Spare Part palsu Foto: Polisi Gerebek Rumah Produksi Spare Part Palsu di Palembang (Raja-detikcom)
Jakarta - Untuk memberantas suku cadang palsu memang tidak bisa dilakukan pabrikan otomotif atau produsen suku cadang sendiri. Pemberantasan suku cadang palsu harus ditangani pihak berwajib, karena jelas ini berhubungan dengan hukum.



Meski demikian, bukan berarti pabrikan otomotif tidak berperan. Karena di saat para petugas kepolisian menangkap sindikat ini, para pabrikan otomotif diikutsertakan untuk membuktikan apakah spare part ini palsu atau tidak.

Seperti yang disampaikan GM Aftersales & Motorsport YIMM, M. Abidin, Selasa (17/7/2018), Yamaha kerap dilibatkan saat petugas mendapati pemalsu spare part.

"Iya kita (Yamaha-Red) sering menemukan spare part palsu. Kalau pihak polisi menemukannya, kita sering dilibatkan oleh polisi (untuk melakukan investigasi-Red)," ujar Abidin.



Abidin menambahkan, seharusnya para pemalsu ini tidak menggunakan brand tertentu. Jika hal ini dilakukan sudah pasti ini tidak melanggar hukum.

Hmm, Otolovers harus lebih hati-hati dalam memilih spare part kendaraan ya. Jangan sampai tertipu menggunakan spare part palsu ya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed