Selasa, 26 Jun 2018 13:41 WIB

Sanggupkah Karoseri Laksana Ekspor 1.034 Unit Bus ke Bangladesh?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Karoseri Laksana dengan sasis Hino Foto: Hino Karoseri Laksana dengan sasis Hino Foto: Hino
Jakarta - Indonesia berencana melakukan ekspor 1.034 unit bus ke Bangladesh. Perusahaan karoseri yang berbasis di Ungaran, Jawa Tengah, Laksana disebut sebagai pihak yang menyediakan bus tersebut. Apakah sanggup Karoseri Laksana memproduksi 1.000 unit lebih bus untuk ekspor ke Bangladesh?

Technical Head Manager Karoseri Laksana, Stefan Arman, mengatakan Karoseri Laksana memiliki kapasitas produksi sebanyak 1.200 sampai 1.500 unit per tahun. Kapasitas produksi itu digunakan untuk menyuplai bus domestik dan ekspor yang selama ini sudah berjalan ke negara Fiji.

"Selama ini masih banyak untuk lokal. Selama ini kita produksi 1.200-1.500 unit per tahun. Ekspor rata-rata 50 unit per tahun. Itu baru ekspor ke Fiji," kata Stefan kepada detikOto melalui sambungan telepon.



Untuk jumlah bus yang akan diekspor ke Bangladesh, Stefan belum bisa memastikannya. Yang jelas, kini Karoseri Laksana sedang mempersiapkan prototipe bus yang akan dikirim ke Bangladesh dalam waktu dekat.

"Ada 4 unit prototipe yang akan dikirim. Dalam waktu dekat kemungkinan kita akan kirim prototipenya," kata Stefan.

Dengan kapasitas produksi 1.200-1.500 unit bus per tahun, sanggupkah Laksana mengekspor 1.034 unit bus ke Bangladesh? Stefan menjawab angka itu bisa saja dicapai.



"Tergantung durasinya. Kalau bicara sanggup kita pasti sanggup tergantung durasinya," sebutnya.

Maksudnya, kalau 1.034 unit bus yang dipesan itu diproduksi dalam beberapa tahap, bisa saja tercapai. Misalnya, tahun pertama beberapa bus diproduksi dan diekspor ke Bangladesh, tahun kedua berapa unit sisanya, dan seterusnya sampai pemesanan sebanyak 1.034 unit bus itu terpenuhi. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed