Jumat, 22 Jun 2018 13:27 WIB

Metode Self Service SPBU Belum Bisa Diterapkan di Sulsel

Muhammad Taufiqqurahman - detikOto
Pengendara mengisi sendiri BBM di SPBU Self Service Pertamina, Jakarta. Foto: Ruly Kurniawan Pengendara mengisi sendiri BBM di SPBU Self Service Pertamina, Jakarta. Foto: Ruly Kurniawan
Makassar - Pertamina (Persero) telah menyiapkan sejumlah SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dengan metode pelayanan mandiri atau dikenal dengan self service. Khusus untuk Sulawesi selatan, metode mandiri belum bisa diterapkan, tetapi fokus pada pembayaran nontunai.

"Belum (self service). Namun kami terus mendorong SPBU cashless dengan bekerja sama bank serta memperbanyak outlet-outlet SPBU yang melayani cashless transaction," ujar Unit Manager Comm & CSR Pertamina MOR VII, Roby Hervindo saat berbincang dengan detikcom, Jumat (22/6/2018).



Roby mengatakan, rencana untuk self-service SPBU di Sulsel belum di tahun ini. Hal ini dikarenakan perilaku konsumen yang belum bisa mandiri.

"Karena kami melihat perilaku konsumen belum ke arah self-service. Yang sedang meningkat trendnya adalah cashless, sehingga itu yang kita prioritaskan," terangnya.

Alasan itu dianggap realistis oleh Pertamina sehingga belum mengarah ke self service.



"Kita realistis saja, sesederhana e-toll pun di Makassar khususnya masih belum diadopsi 100 persen. Apalagi mode self-service," ungkapnya.

Namun, Roby berharap lambat laut konsumen di Makassar bisa menyadari dan memahami soal self service di SPBU.

"Kita dorong ke sana secara bertahap. Mulai dari sosialisasi cashless payment dulu: lebih akurat, aman, nyaman," ujarnya. (fiq/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed