Kamis, 21 Jun 2018 16:21 WIB

Tes Psikologi SIM Pakai Lembaga Profesional

M Luthfi Andika - detikOto
Simulasi tes psikologi SIM (Foto: Arief Ikhsanudin) Simulasi tes psikologi SIM (Foto: Arief Ikhsanudin)
Jakarta - Para calon pengendara akan melalui tahapan lebih panjang untuk mendapatkan SIM atau Surat Izin Mengemudi setelah diwajibkannya tes psikologi.

Polisi tidak sendirian melakukan pengetesan psikologi calon pengendara. Polri akan menunjuk satu lembaga menangani pengujian tes psikotes untuk pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Saat ini pengujian psikotes itu sudah dilakukan cukup lama dan saat ini sudah ada pada pengambilan SIM umum. Para calon pemilik SIM harus mengisi soal dan ini sudah terlaksana cukup lama sejak puluhan tahun," ujar Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jakarta, Kompol Fahri Siregar, kepada detikOto.



"Dan ini ada Perkap No. 22 2009 untuk semua golongan SIM. Kita juga akan menunjuk satu lembaga untuk melakukan pengetesan psikotes," tambah Fahri.

Meski demikian Fahri menambahkan, saat ini pihak kepolisian masih memeriksa kesiapan Lembaga yang akan bertanggung jawab untuk pengujian psikotes bagi pengendara. "Kita akan cek apakah sudah siap semuanya. Tapi kami masih mau mengecek kesiapannya dulu, kalau memang belum siap kami tidak berani kerjasama dengan satu lembaga itu. Dan kita tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama dengan pihak manapun," ujarnya.

Dalam simulasi tes psikologi yang diadakan hari ini di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta, polisi menggandeng lembaga psikologi Andi Arta

[Gambas:Video 20detik]

(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed