Mudik Bareng Naik Bus Dijamin Aman Ketimbang Motor

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Kamis, 07 Jun 2018 12:14 WIB
Ilustrasi Mudik Naik Motor Foto: ilustrasi mudik naik motor
Jakarta - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas) Polda Metro Jaya (PMJ) akan menyediakan beberapa armada bus untuk dijadikan kendaraan bagi masyarakat yang ingin mudik lebaran. Bus yang disediakan pun dijamin aman.



Jaminan aman itu dikatakan Seksi SIM Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, karena setiap bus yang akan digunakan untuk mudik bersama melalui proses pemeriksaan lebih dulu.

Proses tersebut akan memastikan bahwa bus yang siap mengantarkan masyarakat mudik memenuhi standar keselamatan, jadi tidak perlu takut mudik bareng dengan bus yang disediakan kepolisian.



"Kita membuat kegiatan menstandarisasi sarana angkutan mudik yang akan dipakai. Jadi kita audit standar keselamatannya bersama Dinas Perhubungan dan stakeholder terkait," ujar Fahri saat berkunjung ke markas Detik.com.

Tidak berhenti sampai di situ. Bus yang sudah lulus uji standarisasi akan diberi sebuah tanda berupa stiker, untuk meyakinkan masyarakat bahwa bus sudah aman, memenuhi standar keselamtan.

"Nah kalau sudah di audit, memenuhi syarat, akan dikasih stiker, jadi ada jaminan bahwa yang dikasih stiker sudah memenuhi standar keselamatan, jadi orang pun agak lega," tutur Fahri.



"Kalau bus tidak lolos audit kita nggak kasih berangkat, karena ketika kita lakukan audit masih ada yang tidak memenuhi standar," tambahnya.

Mudik bareng ini diberi tema 'Hindari Horor Mudik Tanpa Motor', yang merupakan salah satu program kampanye berlalu lintas dari Dirlantas PMJ yakni Berteman Jakarta (Berlalu Lintas Tertib dan Aman di Jakarta).

"Mensosialisasikan masyarakat ada loh mudik bersama, ada bus-bus yang sudah diperisiapkan, dan kita juga sudah ada jadwalnya, ada mitra kerja yang memang sudah menyediakan segalanya, lebih bagus menggunakan itu dibandingkan motor karena membahayakan," tandas Fahri.

Nah Otolovers sudah ada yang berniat mudik menggunakan motor? Sebaiknya dipikir ulang atau lebih berhati-hati ya. (khi/lth)