Kamis, 31 Mei 2018 09:12 WIB

Pertamina Produksi Pelumas Euro 4 di RI, Enam Bulan Sudah Siap

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Pabrik Pertamina Lubricants. Foto: Rachman Haryanto Pabrik Pertamina Lubricants. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Pertamina Lubricants mengaku siap menghadirkan pelumas yang cocok dengan mesin berstandar emisi Euro 4. Pelumas disebut akan diproduksi secara lokal di empat pabrik Pertamina Lubricants.

"Semua kita produksi di Indonesia. Kita ada empat lokasi pabrik, Jakarta ada dua, Cilacap dan Sulawesi total empat," ujar VP Sales & Marketing Domestic Retail Automotive PT Pertamina Lubricants, Arie Anggoro, kepada wartawan, di Jakarta.



Proses produksi dikatakan Arie, membutuhkan waktu hingga enam bulan. Namun proses bisa lebih cepat jika bahan pelumasnya tidak susah dicari.

"Kita persiapan tiga-enam bulanan lah. Kan kita adiptifnya yang penting, dia butuhnya apa, di pasaran ada nggak, kalau ada tiga bulan sudah bisa," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.



Arie juga mengaku, jika ketentuan mesin berstandar emisi Euro 4 sudah berlaku, tidak ada masalah untuk segera mendistribusikannya ke pasar.

"Asalkan tadi sudah jelas, spek yang dibutuhkan apa, SAE (kekentalan pelumas), kadar lokal konten, kita sesuaikan," katanya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed