Jumat, 04 Mei 2018 19:30 WIB

Bus Buatan Karoseri Indonesia Dipakai Kesebelasan Fiji

Eko Susanto - detikOto
Bus keren buatan karoseri Laksana dikirim ke luar negeri tepatnya Fiji dan Bangladesh. Foto: Eko Susanto Bus keren buatan karoseri Laksana dikirim ke luar negeri tepatnya Fiji dan Bangladesh. Foto: Eko Susanto
Semarang - Bus keren buatan karoseri Laksana dikirim ke luar negeri tepatnya Fiji dan Bangladesh. Salah satunya bus buatan Laksana ini dipesan untuk klub sepakbola Fiji.

Direktur Teknik Laksana Bus, Stefan Arman mengatakan, sampai sekarang ini telah mengekspor bus menuju negara Kepulauan Fiji dan sedang melakukan pengurusan dokumen menuju Bangladesh.

"Kita sudah ekspor hampir 200 unit ke negara Kepulauan Fiji dan saat ini, kita sedang proses pengurusan dokumen dan lain-lain untuk ekspor ke negara tujuan baru di Bangladesh," katanya di sela-sela Uji Guling Standar UN ECE- R66 di Karoseri Laksana, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (4/5/2018).




Sejauh ini baru dua negara, bahkan ekspor menuju Bangladesh baru tahap awal dengan 4 unit bus. Adapun untuk menuju Fiji sudah mencapai sekitar 200 unit. Bus yang diekspor tersebut untuk bus pariwisata, bahkan ada juga yang dipesan untuk klub sepakbola.

"Saat ini baru dua negara karena tantangan industri otomotif untuk masuk ke negara tujuan ekspor baru itu, memang cukup panjang dimana kita harus menguasai regulasi-regulasi yang berlaku di sana. Jadi, kita tidak sekadar mengekspor bus yang sesuai standar di Indonesia, tapi kita juga harus melakukan penyesuaian-penyesuaian sesuai UU yang berlaku di sana," tuturnya.



Menyinggung soal uji guling standar UN ECE-R66 yang dilakukan, kata dia, salah satu faktornya ingin memperluas pasar ekspor. Terlebih lagi bagi negara-negara yang telah mengimplementasikan regulasi UN ECE-R66 tersebut. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed