Senin, 16 Apr 2018 21:23 WIB

Kenapa Pabrikan Kendaraan Bikin Oli Sendiri?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ilustrasi oli Motul. Foto: Khairul Imam Ghozali Ilustrasi oli Motul. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Bukan hanya kendaraan, produsen motor terutama roda 2 saat ini meracik sendiri oli atau pelumas (genuine oil). Padahal ada produsen khusus yang membuat oli untuk motor. Otolovers ada yang tahu alasannya?

Tidak hanya motor, tiap kendaraan sangat butuh pelumas yang apik dan cocok agar kondisi kendaraan tetap terjaga. Pada umumnya para produsen beralasan pelumas yang mereka buatlah yang paling cocok dengan kendaraan buatan mereka juga. Untuk itu biasanya setelah konsumen beli kendaraan disarankan untuk menggunakan oli genuine-nya.



Hal tersebut dikatakan Technical and Training Service Engineer PT Perkasa Teknologi Indolube (Motul), Isadat Salam, sebagai alasan utama produsen kendaraan membuat oli sendiri.

"Karena oli menentukan kesehatan kendaraan, oli menentukan kondisi (kendaraan)," ujar Technical and Training Service Engineer PT Perkasa Teknologi Indolube (Motul), kepada wartawan, di Jakarta.



Lanjut Isadat menjelaskan, keuntungan lebih yang akan didapatkan produsen kendaraan menjadi alasan berikutnya mereka meluncurkan oli juga. "Karena demand-nya sudah dipersiapkan, karena mereka mengejar margin dan oli menentukan kondisi kendaraan," lanjutnya.

"Memang itu yang diinginkan pabrikan, buktinya pabrikan tiap tahun keluarin motor baru kan?" tambah Isadat.

Nah Otolovers pilih yang mana nih, oli genuine dari pabrikan kendaraan atau pelumas lain? (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed