Selasa, 27 Mar 2018 15:11 WIB

Cerita Polisi Sukses Tekan Angka Kecelakaan Lewat Video Kocak

Agus Setyadi - detikOto
Polantas. Foto: Instagram Satlantas Polres Aceh Besar Polantas. Foto: Instagram Satlantas Polres Aceh Besar
Aceh Besar - Video kampanye keselamatan berlalu lintas bikinan Polantas Polres Aceh Besar selalu menarik perhatian. Dengan tingkah kocak para pemerannya, video tersebut dinilai mampu mengedukasi masyarakat. Angka pelanggaran dan tingkat kecelakaan pun diklaim menurun.

Video terakhir yang dirilis Polantas Polres Aceh Besar berjudul "Miris!!! Pengendara ini tewas akibat terlilip abu rokok!!!". Video yang disutradarai Kasat Lantas Polres Aceh Besar Iptu Sandy Titah Nugraha ini menceritakan tentang seorang pengemudi mobil dalam kondisi mabuk.



Sang pengemudi berkepala plontos ini sesekali menenggak minuman dan menyetir mobil sambil menghidupkan dentuman musik. Dalam perjalanan, pengemudi ini hampir menabrak kakek bertongkat yang hendak menyeberang jalan. Namun berkat kehati-hatian si kakek, nyawanya terselamatkan.

Pengemudi tersebut juga menyetir dengan ugal-ugalan. Dia juga sempat menabrak pengguna jalan lain namun tetap tancap gas. Pengemudi mengenakan baju kemeja ini selanjutnya merokok dan membuat puntung rokok dari balik jendela pintu pintu depan.

Abu rokok inilah yang masuk ke mata pengendara motor. Pengendara berkaos abu-abu ini sempat berteriak dan mengucek mata. Tiba-tiba dia tergeletak dan menghembuskan napas terakhir.

Mobil yang dikemudi pria berkepala plontos itu terhenti setelah menabrak seorang polisi. Sang polisi kemudian berubah menjadi peri seperti di film-film dan kemudian memberi petuah kepada pelanggar tersebut.

"Makanya jangan minum minuman keras waktu mengendarai kendaraan. Itu berbahaya. Yuk ikut ke alam saya," kata polisi "peri" yang diperankan Bripka Heri.

Kasat Lantas Aceh Besar Iptu Sandy Titah Nugraha, mengatakan, video edukasi yang dibikin pihaknya mampu menekan jumlah pelanggaran. Selain itu, angka kecelakaan juga menurun.



"Pelanggaran di Aceh Besar memang selalu ada, tapi tidak sebanyak seperti pertama kali dulu saya menjabat. Namun untuk angka kecelakaan terdata menurun drastis," kata Sandy saat berbincang dengan detikOto, Selasa (27/3/2018).

Menurut Sandy, berhasil tidaknya video yang digarap dalam waktu singkat itu dilihat dari jumlah angka kecelakaan. Selain video, Polantas Aceh Besar juga membuat spanduk-spanduk berisi kata-kata lucu dan kocak.

"Tingkat keberhasilan inovasi pembuatan video tersebut dapat dilihat salah satunya dari jumlah angka kecelakaan yang terjadi," jelas Sandy yang hari ini terakhir menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Aceh Besar.


[Gambas:Instagram]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed