Selasa, 06 Mar 2018 10:14 WIB

Ada Wi-Fi, Ini Fasilitas Bus Buat Solusi Ganjil-Genap Tol Bekasi

Ruly Kurniawan - detikOto
Menko Luhut dan Menhub Budi Karya meninjau pintu tol Bekasi. Foto: Trio Hamdani
Bekasi - Guna mempermudah para pengguna kendaraan pribadi yang akan melintas di tol Jakarta-Cikampek, selama operasi ganjil-genap Menteri Perhubungan bersama Perum Pengakutan Penumpang Djakarta (PPD) menyiapkan bus premium sebagai alternatif lain. Bukan sembarangan, bus yang disiapkan tersebut memiliki fasilitas yang sangat memanjakan.

Direktur Utama Perum PPD, Pande Putu Yasa, menuturkan akan ada sekitar 60 unit bus yang beroperasi. Dengan interval 10 menit sekali, fasilitas bus terbilang sudah baik.



"Sebenarnya jauh-jauh hari sebelum ganjil-genap ini kami sudah melayani dari beberapa titik. Kami saat itu bisa melayani dengan 30 unit, dengan kebijakan ini kami siapkan 60 unit. Kapan pun itu dibutuhkan oleh masyarakat, kami siap," tutur Pande kepada wartawan di Bekasi, Jawa Barat.

"Kapasitas bus 32 penumpang, ada Wi-Fi, ada colokan listrik, reclining seat-nya (sandaran kursi yang bisa diturunkan), pokoknya penumpang sudah nyaman untuk pengemudi kendaraan pribadi beralih ke kendaraan umum," tambahnya.



Pande menuturkan bahwa ongkos yang harus dikeluarkan hanyalah Rp 20 ribu. Sangat terjangkau untuk kantong warga Bekasi-Jakarta sekarang.



"Interval kita 10 menit sekali, tetapi ada instruksi dari Pak Menhub (Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi) 5 menit sekali. Nanti kita lihat, supaya lajur ini tidak mubazir. Ongkosnya Rp 20 ribu," tutup Pande. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com