Senin, 05 Mar 2018 12:43 WIB

Ini Detail Pengaturan di Ruas Tol Bekasi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ini Detail Pengaturan di Ruas Tol Bekasi Foto: Trio Hamdani Ini Detail Pengaturan di Ruas Tol Bekasi Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Pembatasan kendaraan akan dilakukan di tol Bekasi mulai 12 Maret mendatang. Saat ini sosialisasinya sudah mulai dilakukan. Selebaran mengenaui pengaturan ruas tol Jakarta-Cikampek pun sudah diedarkan.



Dari selebaran itu dijabarkan terdapat tiga pengaturan di ruas tol Jakarta-Cikampek. Yang pertama adalah pengaturan jam operasional angkutan barang (dua arah) pada golongan III, IV dan V.

Ganjil-Genap Tol BekasiGanjil-Genap Tol Bekasi Foto: Ruly Kurniawan


Kendaraan golongan III, IV dan V dilarang beroperasi di jam sibuk. Tapi, menurut Permenhub 18 Tahun 2018, khusus kendaraan pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Bahan Bakar Gas (BBG) boleh melintas.



Pengaturan yang kedua adalah pemberlakuan lajur khusus angkutan umum (bus). Dan pengaturan yang ketiga adalah ganjil-genap di akses tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta.

Pengaturan ini berlaku per 12 Maret 2018. Ketiga pengaturan berlaku setiap hari kerja, Senin-Jumat pukul 06.00-09.00 WIB.



Ketiga pengaturan itu merupakan paket kebihakan pengurai kemacetan di tol Jakarta-Cikampek. Pengaturan mengacu pada Permenhub 99 Tahun 2017 tentang Penggunaan Lajur Khusus untuk Angkutan Umum dengan Mobil Bus pada Jalan Tol di Wilayah Jabodetabek, dan juga Permenhub 18 Tahun 2018 tentang Pengaturan Lalu Lintas Selama Masa Pembangunan Proyek Infrastruktur Strategi Nasional di Ruas Tol Jakarta-Cikampek. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed