Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 04 Maret 2018, 10:15 WIB

5 Tahun Lagi Bus Listrik Moeldoko Pakai 100 Persen Komponen Lokal

Khairul Imam Ghozali - detikOto
5 Tahun Lagi Bus Listrik Moeldoko Pakai 100 Persen Komponen Lokal Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) Maxvel saat ini kandungan lokalnya baru 45 persen. Ke depannya dalam jangka waktu setidaknya lima tahun, kandungan lokalnya akan menjadi 100 persen.

"Mungkin dalam 3-4 tahun ke depan ya, karena kita bicara, mungkin 5 tahun lah ya, baterai ya kira-kira, 5 tahun kita sudah bisa sendiri pasti," ujar Bos MAB, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko, kepada wartawan, di JCC Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.


Perkiraan tersebut dirasa Moeldoko kemungkinan besar terjadi. Dengan adanya bantuan kerjasama dari pihak yang sudah ahli di bidang kendaraan listrik, ia memprediksi dalam 5 tahun Maxvel sudah 100 persen kandungan lokalnya bisa tercapai.

"Nanti ke depannya akan 100 persen. Seperti mobil listrik yang saya bangun ini kita dengan pihak Shanghai itu kita mengirimkan tim saya 12 kali ke sana, ada 10-11 ke sini timnya Shanghai ke Indonesia saling mondar-mandir, saling mengisi," tuturnya.


Lanjut Moeldoko mengatakan, buktinya sedikit demi sedikit sudah terjadi. Saat ini beberapa bagian untuk disematkan pada kendaraan lsitrik sudah bisa dibuat sendiri, meski tidak semua.

"Alhamdulillah kita sekarang sudah bisa buat sendiri yah, tidak ketergantungan, baik dari sisi wiring-nya, apa itu programming-nya dan lainnya. Tapi kita harus jujur memang masih ada beberapa yang kita impor. Ke depan nanti Jerman juga mulai nawarin ke kita, nanti ke depan mudah-mudahan full (100 persen kandungan lokal) lah," lanjutnya. (khi/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed