Sabtu, 03 Mar 2018 08:27 WIB

Soal Pembatasan Truk di Jalan Tol, Ini Kata Mitsubishi

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Aturan truk dilarang masuk atau melintasi jalan tol akan diterapkan mulai 12 Maret 2018. Meskipun hanya dilarang pada jam tertentu saja yakni 06.00 sampai 09.00 WIB, hal tersebut tentu menyebabkan beberapa dampak. Oleh karenanya, diperlukan analisa lebih lanjut oleh pihak terkait.

Direktur Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Duljatmono mengatakan hal tersebut. Meski keputusan tersebut baik, tapi beberapa pihak disinyalir akan mengalami kerugian seperti para pengusaha.


"Ini sebenarnya saya tidak bisa bicara banyak, karena ini lebih kearah bisnisnya. Karena kalau para pembisnis ini merasa terhambat ya mestinya terganggu ekonominya. Tapi kalau dari produsen ya kita menyediakan produk yang sesuai dengan masyarakat sekarang saja. Artinya, secara pengusaha itu tidak berkembang ya dampaknya ke demand otomotif," pungkasnya kepada wartawan di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (2/3/2018).

"Tapi saya belum tahu, belum ada analisis. Ini juga kan hanya sementara. Setelah itu balik lagi. Kan pembatasan ini sampai kapan jangkanya juga kita tidak tahu. Tapi saya rasa analisis mendalam terkait hal ini harus dilakukan oleh Gaikindo bersama pengusaha atau pihak terkait lainnya. Sekarang belum ada analisisnya," tambah Duljatmono.



Bila dari dampak umum, lanjutnya, akan ada gangguan pengiriman. Memang, bisa saja hal tersebut diakali oleh menunda atau mempercepat waktu pengiriman. Tetapi tidak semua barang bisa diberlakukan hal seperti itu.

"Berarti pengusaha harus cari cara kan misalkan pengirimannya di dahulukan, diawalkan. Tapi tidak semua barang bisa seperti itu. Kebutuhan pokok tidak bisa ditahan (ditunda pemberangkatannya sebentar), tidak bisa ditimbun. Kalau ditunda, misalkan sayur mayur, bakal busuk kan. Jadi mau tidak mau harus jalan," tutur Duljatmono.

Tapi kembali lagi, belum ada lagi analisa mendalam terkait pembatasan jalur operasional truk di jalan tol. Maka pihaknya belum bisa berkomentar lebih lanjut. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed