Rabu, 21 Feb 2018 15:34 WIB

Ini Beda Konsumen Mobil Pribadi dan Niaga di Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: dok. Istimewa Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Beda produk maka selera orang juga beda. Tak terkecuali untuk kendaraan pribadi dan kendaraan niaga. Direktur Sales dan Promosi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Santiko Wardoyo mengatakan konsumen kendaraan niaga tidak seperti konsumen mobil pribadi yang langsung ngiler begitu ada mobil baru.

Pendekatan produk baru di kendaraan niaga bukan dari emosional seperti mobil penumpang, tetapi muatan yang lebar serta ketangguhannya.

"Selama ini kalau saya lihat untuk produk baru di mobil niaga tidak terlalu besar dampaknya, berbeda dengan passenger car. Kalau mobil itu (passenger car) kan emosional ya sifatnya, ada model baru orang langsung ingin ganti, beli. Padahal masih punya mobil di rumahnya," papar Santiko di Jakarta.

"Nah kalau mobil niaga itu kalau tidak ada muatannya, walaupun modelnya sangat bagus orang tidak beli. Nih kan tetangga ada produk baru, kita lihat saja seberapa jauh dia mampu menyerap pasar," lanjut Santiko.

Hino sendiri yang telah 36 tahun berkutat di Indonesia sangat mengaku sangat mengerti sifat dan karakteristik para pengguna mobil truk. Maka mereka tidak terlalu khawatir akan pesaingnya.

"Kita kan sudah 36 tahun juga disini, dan 18 tahun menjadi market leader (Hino Ranger). Jadi kita tahu lah karakteristik orang sini seperti apa. Jadi kita siapkan produk baru dan servis yang cocok untuk Indonesia," papar Santiko.

Hino sudah menjadi penguasa pasar kelas truk medium dengan raihan 60 persen pangsa pasar dan bus medium dengan raihan 74 persen. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Spek Skuter Listrik Ford Ojo

    Spek Skuter Listrik Ford Ojo

    Jumat, 22 Jun 2018 17:45 WIB
    Ada skuter listrik asal Amerika yang baru datang ke Indonesia. Skuter itu adalah Ford Ojo Electric. Berikut spek skuter listrik ini.
  • Kapolda Tunda Tes Psikologi SIM

    Kapolda Tunda Tes Psikologi SIM

    Jumat, 22 Jun 2018 17:16 WIB
    Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis menunda pelaksaan tes psikologi untuk pemohon SIM. Kapolda ingin ada sistem yang optimal agar hasilnya maksimal.
  • Ujian Mengemudi Paling Aneh di Dunia

    Ujian Mengemudi Paling Aneh di Dunia

    Jumat, 22 Jun 2018 16:00 WIB
    Mulai 25 Juni 2018, setiap pemohon SIM tak cuma harus lulus uji kesehatan jasmani, juga rohani (psikotes). Apakah di negara lain berlaku ketentuan semacam ini?
  • Intip Proses Uji Psikologi SIM

    Intip Proses Uji Psikologi SIM

    Jumat, 22 Jun 2018 15:41 WIB
    Satpas Daan Mogot menggelar simulasi uji psikologi untuk pembuatan dan perpanjangan SIM. Rencananya uji psikologi itu mulai diterapkan pada 25 Juni mendatang.