Rabu, 14 Feb 2018 11:47 WIB

Ini Sistem Perakitan Bodi Bus Aluminium Baru Milik TransJakarta

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Melihat Proses Perakitan Bus TransJakarta di Kudus. Foto: Khairul Imam Ghozali Melihat Proses Perakitan Bus TransJakarta di Kudus. Foto: Khairul Imam Ghozali
Kudus -

TransJakarta menambah 300 unit armada barunya jenis bus low entry. Dari 300 unit tersebut, 101 bus yang dirakit menggunakan bodi bahan aluminium yang diklaim punya banyak manfaat. Bukan itu saja, dari sistem perakitannya juga berbeda, yakni dengan sistem cold assembly atau hanya menggunakan baut.

"Jadi perakitannya tidak menggunakan proses panas, tidak ada pengelasan. Las di sini sifatnya hanya strukur yang di bawah bangunan ke atas tidak ada las," ujar General Manager Nusantara Gemilang, Sandra, kepada wartawan, di Kudus, Jawa Tengah.



Sistem perakitan yang hanya menggunakan baut ini juga diklaim punya banyak kelebihan ketimbang sistem perakitan dengan proses panas atau las. Mulai dari perakitannya yang lebih mudah, hingga kebersihan pabrik.

"Lebih mudah dalam perakitan, perbaikan, dan imbas juga pada tempat produksi juga bersih, kualitas juga lebih konsisten. Kemudian baut yang digunakan ini juga dilapisi dengan self-locking micro encapsulated adhesive, jadi bisa nge-lock sendiri dia, air nggak gampang masuk yang bisa menimbulkan karat," tutur Sandra.



Selain itu, Direktur Teknikal TransJakarta, Wijanarko, menambahkan, dengan sistem perakitan tersebut juga dapat meminimalisir kesalahan dalam perakitan.

"Mencegah inkonsistensi pengelasan human errornya kan banyak, kalau ini cuma baut saja," ucapnya.



Lanjut Wijanarko mengatakan, sistem perakitan ini bisa diaplikasikan pada tiap jenis bus. Namun harus dilihat dulu sesuai kebutuhannya.

"Tergantung demand-nya, dia targetnya apa, kalau cuma buat gaya-gayaan jangan, kalau kita kan ada perlunya karena penumpangnya banyak, busnya ringan, kalau pas kosongan solar lebih irit muat lebih banyak," tutupnya.

[Gambas:Video 20detik]

(khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed