Jumat, 26 Jan 2018 14:14 WIB

Tergantung Peminat, Damri di Depok Bisa Jadi Sebanyak Jakarta

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Ruly Kurniawan
Depok - Kini Depok mempunyai transportasi massal ke bandara Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta. Mulai beroperasi pada pukul 4 pagi, masing-masing tujuan disediakan 5 unit bis. Namun nantinya jumlah kendaraan tersebut bisa bertambah.

Direktur Utama Perum DAMRI, Setya N. Milatia Moemin mengatakan, hal tersebut tergantung dari peminat warga Depok dalam menggunakannya. Bila permintaannya (demand) besar, unit yang akan disediakan pun akan bertambah bahkan bisa sebanyak yang beredar di Jakarta.

"Sekarang memang kita sediakan 10 unit, masing-masing tujuan diberikan 5. Tetapi itu bukan fixed number, bisa bertambah sesuai dengan demand. Dan otomatis nantinya waktu keberadaan Damri ini akan lebih sering, tidak tiap jam. 15 menit sekali mungkin, seperti yang ada di Jakarta," katanya di sela-sela peresmian Bus Damri Jabodetabek Airport Connection (JA Connection) di Depok, Jumat (26/1/2018).

Dikesempatan yang sama, Pradi Supriatna, Wakil Walikota Depok cukup optimis akan pemanfaatan kendaraan baru tersebut. Ia memperkirakan, dalam tiga bulan kedepan DAMRI akan cukup sibuk untuk menambah armadanya di wilayah Depok.

"Sekitar 350 sampai 400 ribu warga Depok setiap harinya bolak-balik ke Jakarta. Termasuk yang ingin ke luar negeri atau luar kota (ke bandara). Jadi memang kami membutuhkan ini dan akhirnya terkabul juga," ucapnya.

"Memang sekarang baru ada 10 unit tapi saya yakin dalam tiga bulan ke depan akan bertambah karena banyak yang menggunakannya," ujar Pradi lagi.

Kini, bus angkutan dari DMall Depok ke Bandar Udara di Jakarta sudah tersedia. Keduanya menggunakan kendaraan Isuzu. Bagi yang ingin menikmatinya harap mengeluarkan kocek Rp 30 ribu untuk ke Bandara Halim Perdanakusuma dan Rp 45 ribu ke Soekarno-Hatta. Tarif tersebut masih harga promo.

"Ini masih harga promo. Setelah beberapa bulan akan masuk ke tarif normal tapi belum bisa saya ucapkan harganya. Karena harus dirundingkan oleh beberapa pihak dahulu," ungkap Setya. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com