Rabu, 17 Jan 2018 13:44 WIB

Polantas di Aceh Edukasi Pelanggar dengan Lagu Tak Tun Tuang

Agus Setyadi - detikOto
Polantas di Aceh Edukasi Pelanggar dengan Lagu Tak Tun Tuang. Foto: Screenshot Instagram Polantas di Aceh Edukasi Pelanggar dengan Lagu Tak Tun Tuang. Foto: Screenshot Instagram
Banda Aceh - Beragam cara dilakukan polisi lalu lintas di Aceh untuk mengedukasi pengguna jalan agar tertib berlalu lintas. Terbaru, Ditlantas Polda Aceh membuat video pendek dengan lirik menyerupai lagu fenomenal asal Minang "Tak Tun Tuang".

Ditengok detikOto, Rabu (17/1/2018), video berdurasi satu menit itu menjadi viral di media sosial. Pengguna Instagram ramai membagikan video yang memperlihatkan polisi sedang menilang pelanggar. Dalam video, terlihat para anggota Polantas ini mengikuti penggalan lirik "Tak Tun Tuang" yang dipopulerkan Upiak Isil.

Video yang diunggah pada Selasa (16/1) kemarin itu mengambil lokasi syuting di depan Masjid Raya Baiturahman, Banda Aceh dan di Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh. Dirlantas Polda Aceh Kombes Guritno dan Kabag Pembinaan dan Operasi Ditlantas Polda Aceh AKBP Deni Kurniawan ikut berakting.

"Kamu belum tertib, tak tun tuang tak tun tuang. Tertib berlalu lintas tak tun tuang tak tun tuang. Kami siap menindak, tak tun tuang tak tun tuang, pelanggaran di jalan," nyanyi seorang polisi.

Dua polisi kocak dari Satlantas Polres Aceh Besar, menjawab "Tak Tun Tuang" setiap selesai satu bait lagu. Mereka berjoget di depan dua perempuan yang mengendarai motor tapi tidak menggunakan helm.

"Aku belum tertib tak tun tuang tak tun tuang. Tertib berlalu lintas tak tun tuang. Nekat bawa motor di jalanan, tak tun tuang, apesnya kena razia," sang perempuan membalas dengan bernyanyi.

Pada lirik terakhir lagu tersebut, Kombes Guritno menyarankan agar pengguna jalan yang tidak pakai helm agar naik angkutan umum saja. Sementara jika belum punya SIM, polisi diminta meminta agar menilang.

"Kalau belum punya helm, naik angkot saja. Kalau SIM juga gak ada ya sudah ditilang saja." Dalam video, Kombes Guritno terlihat memberi isyarat menulis surat tilang.

Akun Instagram Ditlantas Polda Aceh menulis sedikit keterangan saat mengunggah video tersebut. "Dalam rangka menertibkan pelanggaran lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan, Ditlantas Polda Aceh tak bosan-bosan memberikan imbauan kepada masyarakat," tulis akun Ditlantas Polda Aceh.

[Gambas:Instagram]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed