Rabu, 17 Jan 2018 08:07 WIB

Keren, Taksi Terbang Tarifnya Sama Seperti UberX

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: AirspaceX Foto: AirspaceX
Detroit - Seperti halnya mobil otonom, teknologi lain yang akan segera bisa digunakan manusia adalah mobil terbang. Sebuah perusahaan Amerika, Airspace Experience Technologies, LLC (AirSpaceX) memperlihatkan taksi masa depan yang tarifnya tak jauh beda seperti taksi UberX.

Prototipe taksi terbang itu dipamerkan di North American International Auto Show (NAIAS) atau lebih dikenal Detroit Motor Show. Taksi terbang yang bisa tinggal landas dan mendarat secara vertikal seperti halnya sebuah helikopter itu bisa memuat 2-4 penumpang dengan kecepatan maksimal 400 km per jam.

Keren, Taksi Terbang Tarifnya Sama Seperti UberXFoto: AirspaceX


Mobi-One menggunakan 4 motor listrik di sayapnya, jadi relatif tidak berisik seperti helikopter. Beban yang sanggup diangkat taksi terbang masa depan ini mencapai lebih dari 200 kg dengan jelajah 104 km. Ada fitur autopilot juga tersedia.

"Kami bercita-cita mengirimkan 2.500 pesawat di 50 kota besar pada 2026," ujar Chief Commercial Officer AirSpaceX JP Yorro di situs resminya. Dengan taksi terbang mereka berharap bisa mengurangi waktu yang terbuang sia-sia di jalanan yang macet.

Mereka memprediksi pengendara menghabiskan 42 jam untuk bermacet-macetan dan mobil mengeluarkan emisi karbon dioksida 17 miliar kg ke udara saat terkena macet. Perusahaan ini didukung oleh beberapa orang besar di dunia otomotif. Misalnya Bob Luntz, pria yang berperan di Ford, GM, Chrysler dan BMW.

Taksi terbang ini juga dikembangkan bersama Camilo Pardo, yang merupakan kepala desain mobil Ford GT model 2005 dan 2006. Saat ini taksi terbang tengah menanti proses sertifikasi dari FAA.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed