Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 11 Januari 2018, 18:07 WIB

Dikejar Waktu Saat Jalanan Macet, Ini Cara Patwal Atasinya

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Dikejar Waktu Saat Jalanan Macet, Ini Cara Patwal Atasinya Petugas Patwal. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Kemacetan sudah menjadi hal yang pasti terjadi dan dialami oleh para pengendara di kota-kota besar Indonesia. Termasuk anggota Patroli dan Pengawalan (Patwal) yang sedang mengawal dan dikejar waktu. Lantas bagaimana mereka mengatasinya?

Mengingat banyaknya masyarakat yang punya pikiran jelek pada rombongan Patwal karena merasa sama-sama dikejar waktu dan menghadapi macet, Anggota Banit (Bintara unit) Patwal Polda Metro Jaya, Bripka Nanang, mengatakan jika menghadapi hal tersebut sebisa mungkin seorang Patwal mengurai kemacetan secara perlahan.



"Kalau macet kalau masih bisa diurai kita akan urai, maksudnya urai tuh kita belah secara pelan-pelan, kalau memang misalnya yang kita kawal nggak terburu-buru tidak mepet waktu," ujarnya saat ditemui detikOto, di Jakarta.

Namun, jika memang yang dikawal dikejar waktu karena tugas yang harus dilakukannya, terpaksa Patwal menggunakan tindakan atau keputusan khusus yang memang dimiliki oleh Patwal.



"Ya memang kita dikatakan punya diskresi. Diskresi itu digunakan kalau kita benar-benar urgent, atau memerlukan ketepatan waktu," kata Nanang.

Meski demikian, Nanang kembali menegaskan diskresi yang dimiliki para Patwal atau anggota kepolisan lainnya digunakan kalau memang terpaksa dilakukan, hanya dalam keadaan genting. Jika tidak, maka tidak akan digunakan.



"Diskresi itu kita ambil nggak setiap hari kita ambil, tapi kalau terburu-buru harus tepat waktu mau nggak mau kita ambil, karena kita memang mendukung kerja yang kita kawal juga kan," jelasnya.

"Diskresi tuh kayak modelnya lewat lampu merah nih pas kita lewat merah tuh bisa kita ambil diskresi, karena memang waktu terburu-buru itu, tapi itu pun nggak setiap saat, kalau genting saja," tutup Nanang.

Dikejar Waktu Saat Jalanan Macet, Ini Cara Patwal AtasinyaFoto: Andhika Akbarayansyah
(khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed