Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 11 Januari 2018, 14:31 WIB

Tiket Bus Online Dinilai Kurang Efektif untuk Kalangan Bawah

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Tiket Bus Online Dinilai Kurang Efektif untuk Kalangan Bawah Terminal Lebak Bulus. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Tujuan dari penerapan pembelian tiket bus Antar Kota Antar Porvinsi (AKAP) secara online salah satunya agar lebih praktis. Namun bukan berarti cara tersebut efektif, terutama untuk kalangan masyarakat ke bawah.

Karena seperti yang disampaikan salah satu karyawan PO Bus, Nurcholis, rata-rata untuk kalangan tersebut sudah terbiasa membeli tiket secara manual alias langsung datang ke terminal.



"Kalau untuk menengah ke atas mungkin gampang, memang kan tujuannya supaya lebih praktis bisa beli di minimarket gitu kan, tapi itu berlakunya untuk menengah ke atas, untuk menengah ke bawah ya itu tadi sudah kebiasaan caranya beli tiket begini," ujarnya saat ditemui detikOto, di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Artinya akan terasa asing untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah jika harus membeli tiket secara online meski sebenarnya justru lebih praktis.



"Kalau sosialisasi sih sudah dari pemerintah, ngasih tahu kalau bakal ada program online, tapi ya menurut saya ya itu kurang efektif online itu untuk masyarakat menengah ke bawah yang biasanya beli langsung," tutur Nurcholis.



Meski demikian, lanjut Nurcholis mengatakan, pelanggan yang membeli tiket secara online dan menukarkannya di terminal akan tetap dilayani dengan baik.

"Tapi ya tetap kita layani yang online itu, nggak mungkin nggak karena kan dari perusahaan juga sudah nyuruh, kan yang beli tiket online nukernya di sini juga," tambahnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed