Kamis, 11 Jan 2018 11:29 WIB

Beli Tiket PO Bus Pakai Online, Belinya di Mana?

Muhammad Idris - detikOto
Terminal Bus Kampung Rambutan. Foto: Rengga Sancaya Terminal Bus Kampung Rambutan. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menerapkan pemesanan tiket online untuk penumpang perusahaan otobus (PO) antarkota antarprovinsi (AKAP). Semua perusahaan PO, diharapkan bergabung dengan sistem pembayaran online.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi, mengungkapkan salah satu payment gateway pemesanan tiket bus online yang sudah ada saat ini adalah Bos Bis. Setiap PO juga bisa membangun sendiri sistem pemesanan online masing-masing.



"Nama gateway payment Bos Bis. Yang sudah membangun aplikasinya," ujar Budi kepada detikOto, Rabu (10/1/2018).

Penerapan dalam skala lebih luas, ditargetkan mulai dilakukan pada Januari di sejumlah wilayah di Jakarta. Sejumlah PO bus besar sudah menyatakan bergabung dalam sistem pemesanan online tersebut.



Sementara itu, Kepala Subdirektorat Angkutan Orang, Direktorat Angkutan dan Multimoda Kemenhub, Syafrin Liputo, mengungkapkan kenyamanan yang bisa didapatkan pengguna PO AKAP yakni kepastian harga. Menurutnya, kerap di terminal banyak calo yang menetapkan harga tinggi.

"Harga sudah ada di online. Tidak ada kenaikan setelah online. Yang menetapkan tarif dari masing-masing PO. Jadi dengan online otomatis nggak perlu calo-calo," ujar Syafrin.



Diungkapkannya, untuk pembelian di minimarket yang jadi payment gateway, akan ada biaya administrasi tambahan. "Ya biaya administrasi tergantung payment gateway," tuturnya.

Menurut dia, penerapan skema payment gateway pada bus-bus yang berangkat dari terminal ini otomatis menghapus keberadaan calo-calo yang berkeliaran di terminal.



"Kalau sudah online, otomatis calo hilang. Kalau penumpang begitu datang ke terminal sudah pegang tiket bus, itu meminimalkan calo tentunya," tandas Syafrin. (idr/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed