Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 17 Desember 2017, 12:24 WIB

Bus Sekolah Hilangkan Tradisi Tawuran Siswa

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Bus Sekolah Hilangkan Tradisi Tawuran Siswa Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Transportasi bus sekolah bukan hanya berguna untuk menjemput para siswa secara gratis saja, namun ternyata bisa juga menghilangkan tradisi tawuran pelajar di Jakarta.

Seperti yang disampaikan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Mohammad Insaf, semenjak adanya bus sekolah ini, siswa di Jakarta yang terkenal dengan tradisi tawurannya, lambat laun menghilang.



"Karena sudah banyak bus sekolah. Tadinya pada naik-truk, segala macem, sekarang jadi naik bus. Alhamdulillah dengan 140 armada kita sudah bisa bawa 35.000 orang siswa kita angkut sekolah," ujarnya saat ditemui wartawan, di acara peluncuran bus anyar Hino RN 285 bertransmisi otomatis, di Tangerang.

Bukan tanpa alasan adanya bus sekolah mengurangi bahkan menghilangkan tradisi tawuran tersebut. Sebab, dengan bus sekolah, kata Insaf, para siswa yang berbeda sekolah dapat saling mengenal satu sama lain, dan tidak bertengkar.

"Dan itu merupakan ajang komunikasi buat mereka. Justru di dalamnya ada yang jaga petugas kita. Sekarang juga ada polwan sahabatku yang polisnya kita tempatin di dalamnya," tuturnya.



"Dan ada edukasinya juga di dalam kan ada TV-nya juga. Jadi selama mereka naik ada informasi apa saja, tentang narkoba dan lain-lain," tambah Insaf.

Selain menghilangkan tradisi tawuran, lanjut Insaf, bus sekolah juga mengurangi angka kecelakaan, dan juga wujud dari kepedulian pemerintah DKI Jakarta kepada para siswa dan sekolahnya.

"Pesentase ada, kita bisa lihat (siswa) Jakarta dulu naik truk banyak, kecelakaan, sekarang adanya PP daerah DKI juga melarang anak-anak bawa sepeda motor ke sekolah. Itu salah satu upaya pemerintah melayani sekolah," lanjutnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed