Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Minggu 17 Desember 2017, 10:10 WIB

Berapa Biaya Bikin Bus Sekolah?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Berapa Biaya Bikin Bus Sekolah? Bus Sekolah Angkut Penumpang di Terminal Kampung Rambutan. Foto: Rengga Sancaya
Tangerang - Transportasi bus sekolah saat ini menjadi salah satu program yang sudah dan sedang berjalan di Jakarta. Lantas berapa ya untuk biaya pembuatan bus sekolah?

Dalam hal ini dijelaskan Kepala Unit Pengelola Bus Sekolah, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta, Mohammad Insaf, untuk pembuatan satu unit bus sekolah memakan biaya sekitar Rp 700 jutaan, yang mencakup jenis bus ukuran sedang dan kecil.



"Anggaran kita kemarin untuk 50 bus itu kurang lebih Rp 39 miliar tipe sedang dan kecil," ujarnya saat ditemui wartawan, di acara peluncuran bus anyar Hino RN 285 bertransmisi otomatis, di Tangerang belum lama ini.

Bus-bus tersebut digunakan untuk menjemput siswa sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Siswa Menengah Atas (SMA).



"Yang (bus ukuran) sedang itu untuk jalanan yang besar kalau gede sekali nggak mungkin, kalau kecil untuk masuk rumah susun, panti asuhan, malah disabilitas juga. Kurang lebih satunya itu Rp 700 jutaan," tutur Insaf.

Untuk tahun ini sendiri pemerintah DKI Jakarta telah memiliki 140 armada bus sekolah, dan berencana untuk menambah 50 unit lagi di tahun depan.



"Bus sedang dan mini bus. Kapasitasnya 30-40 orang bisa masuk. Kalau yang kecil 19 seat tapi bisa sampai 25 orang untuk lima wilayah di DKI Jakarta, semua khusus untuk pelajar," tutupnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed