Jumat, 15 Des 2017 12:50 WIB

Hino Luncurkan Bus Transmisi Otomatis

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Foto: Khairul Imam Ghozali Foto: Khairul Imam Ghozali
Tangerang - Bus transmisi otomatis makin banyak berkeliaran di Indonesia. Hino meluncurkan Bus RN 285 bertransmisi otomatis. Bus ini diklaim sebagai solusi kebutuhan transportasi massal yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

"Dengan hadirnya Hino Bus AT akan memberikan pilihan varian bus yang lebih banyak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hino sebagai market leader bus, ingin selalu menyediakan best fit product kepada pelanggan setia Hino," ujar Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Hiroo Kayanoki, di Tangerang, Jumat (15/12/2017).

Sebab, dengan transmisi otomatis ini dapat menambah kenyamanan pengemudi karena lebih mudah dikendarai dan dioperasikan serta dapat mengurangi kelelahan pengemudi terutama saat macet.

"Melihat kebutuhan mode transportasi yang meningkat dan melihat peningkatan yang pesat di sarana transportasi publik, maka dari itu Hino meluncurkan kendaraan yang nyaman, dan yang penting fitur keselamatan yang meningkat," kata Senior Executive Officer HMSI, Irwan D Sutanto.

Transmisi otomatis yang disematkan pada RN 285 ini adalah Allison T325R, dengan gigi overdrive agar performanya lebih maksimal dan bahan bakar yang efisien.

Sedangkan pada bagian mesin, Hino mengusung mesin belakang baru J08E-WG dengan common rail system, yang dapat menghasilkan tenaga 281 tenaga kuda dengan torsi 91/1.500 Kgm/rpm. Bus ini juga telah mengadopsi standar emisi Euro 3 yang lebih ramah lingkungan.

Pada sistem pengereman, RN 285 AT memiliki Auto Brake Adjuster, membuat pengereman lebih pakam dengan menyesuaikan celah antara kanvas rem dan drumnya secara otomatis. Jadi dalam perawatab pemilik bus tidak perlu lagi menyesuaikan kanvas rem secara manual.

Dengan kapasitas hingga 59 tempat duduk, Hino bus RN 285 AT juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan transportasi seperti di bandara, pariwisata, dan antar jemput karyawan.

Dengan hadirnya model ini, total Hino Indonesia punya delapan model, bus medium yakni FB130, A215, dan FC Bus merupakan model bus mesin depan, untuk deretan mesin belakang yakni R260, RN 285, RK CNG, dan RM Bus. Selain itu, Hino juga memiliki bus kecil seperti Dutro 110SDB, 110 SDBL, dan 130 MDBL. (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed