Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 08 Desember 2017, 08:00 WIB

SIM Hilang atau Rusak? Jangan Tenang Saja, Ini Cara Atasinya

M Luthfi Andika - detikOto
SIM Hilang atau Rusak? Jangan Tenang Saja, Ini Cara Atasinya Foto: Rois Jajeli
Jakarta - Otolovers pasti ada yang pernah kehilangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Bahkan tidak sedikit dari kita yang pasrah dan nekat memilih untuk tetap berkendara, meski SIM hilang.

Tapi Otolovers jangan sampai santai dan lalai ya, karena Polisi Republik Indonesia sudah memberitahukan langkah-langkah yang tepat, saat pengendara kehilangan SIM. Saat SIM hilang itu bukan berarti kita harus membuat baru.

Seperti yang dikatakan Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar kepada detikOto.

"Tidak (tidak harus membuat SIM baru-Red). Jadi harus buat laporan kehilangan dulu, setelah itu mengajukan lagi penerbitan SIM di Satpas dan diprosesnya seperti proses perpanjangan SIM tanpa mengikuti ujian teori dan praktik. Sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi," kata Fahri.

Dalam situs resmi Polri, dijelaskan persyaratan untuk mengurus SIM hilang atau rusak. Berdasarkan pasal 255 PP 44/93, langkah pertama ialah membuat surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter (medical check up).

Setelah itu, Otolovers bisa membawa surat laporan kehilangan SIM. Pemohon membayar biaya formulir di Bank Internasional Indonesia (BII) atau Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Langkah selanjutnya, Otolovers bisa melakukan pengisian formulir permohonan, dan jangan sampai lupa melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) saat mengajukan permohonan SIM baru. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +