Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 06 Desember 2017, 12:17 WIB

Buat Apa Sih Pengendara Harus Punya SIM?

M Luthfi Andika - detikOto
Buat Apa Sih Pengendara Harus Punya SIM? Uji praktik pembuatan SIM A. Foto: Adhar Muttaqin
Jakarta - Pasti buat Otolovers SIM atau Surat Izin Mengemudi sudah tidak asing lagi. Hal itu wajar, karena memang kebanyakan dari kita hanya tahu SIM itu diperlukan untuk pelengkap saat kita berkendara. Tapi Otolovers tahu tidak sih fungsi dari SIM itu sendiri?

Nah kali ini detikOto coba mengupas, seperti yang tertulis dalam laman situs resmi Polisi Republik Indonesia (Polri).



Dikatakan SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Lalu apa fungsi SIM di mata Polri? Polri menjelaskan, ada beberapa fungsi dan peranan dari SIM. Di antaranya sebagai sarana identifikasi/jati diri seseorang. Hal ini bisa diartikan SIM juga bisa berperan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Fungsi dan peran lain SIM yaitu sebagai alat bukti. Jika coba diartikan secara bebas, artinya SIM ini menjadi alat bukti bahwa Otolovers sudah berhak berkendara, dan memiliki kesehatan jasmani dan rohani.



Polri juga menjelaskan fungsi dan peranan lain SIM, ialah sarana upaya paksa dan sebagai sarana pelayanan masyarakat.

Dalam situs resmi Polri, Polri juga mengingatkan untuk setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki SIM. Peraturan ini tercantum pada Pasal 18 (1) UU No. 14 Th 1992 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan, bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor di wilayah wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Nah, Otolovers sudah memiliki SIM dong? Kalau belum segera membuatnya ya untuk kelengkapan berkendara. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +