Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 20 November 2017, 14:43 WIB

Bagaimana Bedakan Pelat Mobil Dinas Polisi Asli dan Palsu?

Dina Rayanti - detikOto
Bagaimana Bedakan Pelat Mobil Dinas Polisi Asli dan Palsu? Foto: tmcpolresbogor
Jakarta - Polres Kota Bogor baru saja menilang dua mobil yang kedapatan menggunakan plat nomor polisi palsu. Jika dibandingkan dengan pelat nomor kendaraan pribadi, pelat nomor dinas pihak kepolisian memiliki warna yang berbeda.

Pelat nomor untuk kendaraan pribadi memiliki dasar hitam dan tulisan putih sementara pelat nomor polisi memiliki dasar hitam dan tulisan kuning disertai lambang polisi dan angka-angka tertentu.

Jika melihat secara kasat mata, pelat nomor polisi palsu yang digunakan pengendara di Bogor itu tak terlihat perbedaan yang mencolok dengan pelat nomor asli. Kepala Korlantas Polri Irjen Royke Lumowa menyatakan pelat nomor yang digunakan polisi memiliki spesifikasi khusus serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) juga berbeda dengan mobil pribadi.

Biasanya petugas polisi di jalan melakukan pengecekan dengan memeriksa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) mobil dinasnya.

"Ada spek khusus. Kalau yang pelat dinas mungkin petugas secara random periksa yang dicek adalah STNK dinasnya," ungkap Royke saat dihubungi detikOto, Senin (20/11/2017).

Berdasarkan Perkapolri 5/2012, plat nomor kendaraan terbagi menjadi lima warna yaitu :
a. dasar hitam, tulisan putih untuk Ranmor perseorangan dan Ranmor sewa;
b. dasar kuning, tulisan hitam untuk Ranmor umum;
c. dasar merah, tulisan putih untuk Ranmor dinas Pemerintah;
d. dasar putih, tulisan biru untuk Ranmor Korps Diplomatik negara asing; dan
e. dasar hijau, tulisan hitam untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas atau (Free Trade Zone) yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, bahwa Ranmor tidak boleh dioperasionalkan/dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +