Jumat, 08 Sep 2017 16:37 WIB

Kini Minyak Kedelai Digunakan untuk Produksi Ban

Ruly Kurniawan - detikOto
Kini Minyak Kedelai Digunakan untuk Produksi Ban Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Kalau biasanya ban hanya memadukan bahan material dari karet, kini semakin majunya zamannya minyak keledai pun bisa ikut berperan dalam produksi ban.

Seperti teknologi yang ditemukan oleh produsen ban asal Amerika Serikat Goodyear, yang menemukan formula baru untuk bisa melahirkan ban dengan campuran minyak kedelai yang tertulis dalam rilis yang diterima detikOto, Jumat (8/9/2017).

DIkatakan dalam memproduksi ban, minyak kedelai akan berperan membantu pencampuran polimer kompleks, sehingga bisa menurunkan kekakuan majemuk pada ban. Selain itu melindungi peralatan pencampur dari kerusakan dan juga memperbaiki karakteristik kinerja ban.

Melihat energi minyak bumi yang terus-menerus berkurang, peneliti dari The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) bersama United Soybean Board (USB) Amerika Serikat memperkenalkan inovasi terbaru dalam mengolah minyak kedelai yang mampu menggantikan peranan minyak bumi pada senyawa ban. Dalam temuannya tersebut, minyak kedelai ternyata mampu meningkatkan kemampuan ban lebih baik daripada minyak bumi.

Peneliti mengungkapkan bahwa senyawa karet dari minyak kedelai lebih mudah bercampur dengan silica, sehingga memberikan kemampuan cengkraman yang lebih baik dalam kondisi basah maupun kering.

Selain itu, bahan tersebut juga mudah didapatkan secara alami, hemat biaya, dapat mengurangi konsumsi energi dan yang terutama karena merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui.

"Kami berkomitmen untuk peduli terhadap lingkungan dan masyarakat, salah satu cara mencapainya adalah dengan penggunaan minyak kedelai. Hal tersebut juga dapat meningkatkan penghematan energi karena masa pakai telapak ban lebih lama," kata Eric Mizner selaku Director of Global Material Science Goodyear Tire & Rubber Company. (lth/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com