Kamis, 24 Agu 2017 09:59 WIB

Awas! Makin ke Sini Oli Palsu dan Asli Makin Mirip

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ilustrasi produksi pelumas (Foto: Rachman Haryanto)
Cilegon - Pemalsuan barang saat ini seperti penyakit yang tak ada obatnya. Oli pun tertular penyakit pemalsuan barang, padahal oli merupakan bagian penting dari kendaraan.

Federal Oil lewat Plant Director MPM Lubricants, Ari Sutanto tidak menampik kasus pemalsuan pelumas kendaraan. Bahkan makin ke sini oli palsu semakin mengancam pasar.

"Karena produk palsu itu, makin lama makin mendekati kepada keserupaan," ujarnya kepada wartawan, saat peresmian pabrik baru MPM Lubricants, di Cilegon, Banten.

Untuk itu, Federal Oil selalu menyiapkan antisipasi mengingat pemalsuan barang termasuk oli yang semakin mengancam. Caranya, Federal Oil selalu memperhatikan pasar.

"Kalau yang di luar (pasar luas) itu agak sulit, tapi kita saranin beli ke toko atau distributor resmi Federal. Dan kita selalu mensurvei pasar, kalau memang terjadi seperti itu, kita akan lihat ada baru apa lagi, misalkan baru tahun lalu kita ganti botol, ganti tutup, seingga mengurangi terjadinya proses pemalsuan. itu antisipasinya, ganti label dan sebagainya," papar Ari.

Sedangkan itu, untuk melihat palsu atau tidaknya produk Federal Oil, lanjut Ari, dapat dilihat dari sistem yang ada di labolatorium mereka.

"Alat diuji lab, seolah-olah seperti finger print, jadi kalau produk Anda kasih ke saya, kita cek di lab itu betul produk Federal atau nggak itu ketahuan," pungkasnya. (khi/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com