Senin, 27 Mar 2017 13:35 WIB

'Tarif Taksi Online Pas Buat Kantong Mahasiswa'

Alfiza Satrio - detikOto
Foto: ilustrasi Luthfi Syahban Foto: ilustrasi Luthfi Syahban
Jakarta - Layanan transportasi online saat ini memang sangat terasa membantu banyak orang dalam berkegiatan sehari-hari. Hal ini membuat layanan transportasi online digunakan oleh hampir semua kalangan, salah satunya kalangan anak muda seperti mahasiswa.

Banyak faktor yang membuat para mahasiswa merasa nyaman menggunakan transportasi online. Salah satunya adalah kecepatan pelayanan. Hal inilah yang juga dirasakan oleh beberapa mahasiswa Universitas Indonesia. Mereka mengungkapkan bahwa banyak kegiatan mereka yang mungkin tidak akan berjalan lancar tanpa keberadaan trasnportasi online.

"Armadanya banyak ya, jadi gampang untuk dapat drivernya. Jadi ya kalau mau ke kampus atau kemana-mana bisa cepat. Selain itu juga ya terjamin sampai di tempat tujuan," ujar Syifa Nafisah, mahasiswa Sastra Inggris UI.

Namun ternyata faktor utama pemilihan transportasi online ini adalah karena tarif perjalanannya yang dirasa lebih adil, baik bagi driver maupun penumpang. Seperti yang diungkapkan Jovana Herlinda Sari, mahasiswi Manajemen UI, murahnya biaya yang dikeluarkan menjadi alasannya lebih memilih menggunakan transportasi online ketimbang transportasi konvensional.

"Karena murah dan banyak promonya ya. Bisa dijemput di rumah juga. Untuk pelayanan yang segitu sih harganya bener-bener terasa lebih pas aja buat mahasiswa. Jadi kita juga udah bisa siapin ongkosnya sesuai yang tertera," ungkapnya.

Jika dibandingkan dengan transportasi konvensional yang tarifnya ditentukan argo atau bahkan oleh pengemudinya sendiri, tarif transportasi online memang lebih jelas dan pasti, karena dihitung sesuai jarak dan waktu tempuh. Bahkan mahasiswa Sastra Inggris lainnya, Yolanda Atzura, juga mengatakan bahwa tarif yang diterapkan saat ini cenderung lebih menguntungkan penumpang.

"Memang lebih adil seperti ini ya, ditentuin dari jarak tempuh dan kepadatan jalannya. Bahkan kadang malah terasa sedikit terlalu murah, apalagi kalau macet banget gitu, jadi kasihan sama drivernya kalau ga kasih lebih, karena mereka kan pasti juga capek," ungkap Yola. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed